NasionalNewsPolitik

Berharap Jokowi Bisa Jadi Cawapres, Sekber Prabowo-Jokowi Gugat UU Pemilu

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Berharap Joko Widodo atau Jokowi bisa jadi Cawapres (Calon Wakil Presiden) Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi 2024-2029 mengajukan judicial review Undang-undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan itu, untuk menguji Pasal 169 huruf n UU Pemilu yang berbunyi: “Persyaratan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden adalah: (n) belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.”

Mereka menilai, Pasal 169 huruf n UU Pemilu memberikan keraguan terhadap Pasal 7 UUD 1945 yang menyatakan: “presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat-dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.”

Baca Juga: PDIP Respons Koalisi Gerindra-PKB, Hasto: Megawati Sedang Gembleng Capres 2024

“Keraguan tersebut mengakibatkan hak pemohon dalam Pasal 28D Ayat (1) UUD 1945 tercederai sekaligus menimbulkan pertanyaan. Apakah seorang Presiden dapat mencalonkan diri lagi untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan sesuai dengan Pasal 28D Ayat (3) UUD 1945. Namun dengan jabatan yang berbeda?,” demikian argumen pemohon mengutip dari situs MK, Senin (26/9).

Pengajuan judicial review ini,disebut sejalan dengan adagium hukum ubi jus ibi remedium atau where there is a right there is a remedy.

Pemohon juga memandang bahwa pemberlakuan frasa ‘presiden atau wakil presiden’. Dan frasa ‘elama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama’ sebagaimana bunyi Pasal 169 huruf n UU Pemilu telah bertentangan dengan sila kelima Pancasila ‘keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’.

Baca Juga: Amien Rais Desak Jokowi Tegas Tolak Perpanjangan Jabatan Presiden dan Memecat Luhut

Menurut pemohon, Pasal 169 huruf n UU Pemilu menimbulkan multitafsir jika-dibandingkan dengan Pasal 7 UUD 1945. Karena tidak memberikan kepastian terkait pencalonan presiden dan wakil presiden.

Sebab, wakil presiden yang pernah menjabat di periode berbeda selama belum dua kali menjabat dalam jabatan yang sama. Bisa saja ikut dalam pemilihan presiden dan wakil presiden lagi apabila berpasangan dengan calon presiden lainnya.

“Bahwa dengan adanya ketentuan yang ada di dalam Pasal 169 huruf n UU Pemilu menimbulkan sebuah pertanyaan. Mengenai apakah presiden yang sudah menduduki masa jabatan Presiden selama dua masa jabatan dapat mencalonkan diri kembali. Untuk jabatan yang berbeda yaitu wakil presiden di periode selanjutnya?” kata pemohon.

Terdapat empat petitum yang di sampaikan pemohon dalam gugatannya tersebut. Pertama, menerima dan mengabulkan permohonan pengujian UU untuk seluruhnya.

Baca Juga: Tolak Jokowi 3 Periode, NGO Antikorupsi Bersama Mahasiswa Turun ke Jalan

Kedua, menyatakan frasa ‘presiden atau wakil presiden’ pada Pasal 169 huruf n UU Pemilu bertentangan dengan Pasal 7. Pasal 28D ayat 1 dan 3 UUD 1945 (conditionally unconstitutional). Sepanjang tidak-dimaknai ‘pasangan presiden dan wakil presiden yang sama dalam satu masa jabatan yang sama.”

Ketiga, menyatakan frasa ‘selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama’ Pasal 169 huruf n UU Pemilu bertentangan dengan Pasal 7. Pasal 28D ayat 1 dan 3 UUD 1945 sepanjang tidak-dimaknai ‘berturut-turut’.

Keempat, memerintahkan untuk memuat amar putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan permohonan pemohon untuk-dimuat dalam berita negara RI.

Bila MK mengabulkan gugatawan itu, mungkinkah Jokowi bisa jadi Cawapres pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang? (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button