NewsSulteng

PALU, NEWSURBAN.ID

PALU, NEWSURBAN.ID – Ketua DPRD Provinsi Sulteng diwakili oleh Anggota DPRD Provinsi Sulteng H Moh Nur Dg Rahmatu,SE, hadiri acara Ramah-Tamah Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-60 Provinsi Sulteng. Ramah-tamah ini,dirangkaikan dengan pembukaan Sulteng Expo Tahun 2024. Kegiatan tersebut bertempat di Sirkuit Panggona Kota Palu Sulteng, Kamis (25/04/2024) malam.

Acara Ramah-Tamah Hut Ke-60 Provinsi Sulteng yang-dirangkaikan Dengan Pembukaan Sulteng Expo Tahun 2024 mengangkat tema ‘Hilirisasi Sektor Unggulan di Negeri Seribu Megalit Sulteng’.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sulteng Drs. H Ma’mun Amir, Direktur Pengembangan Potensi Daerah Kementerian BPKM Suhartono. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulteng, Para Bupati/Walikota Se-Sulteng, Unsur Forkopimda, Para Staf Ahli Gubernur. Asisten, Para Kelapa OPD Lingkup Provinsi Sulteng.

Baca Juga: DPRD Sulteng Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2024

Juga, hadir Sekretaris DPRD Provinsi Sulteng Siti Rahmi Amir Singi.S.Sos.M.Si, Para Kepala Instansi Vertikal Lingkup Provinsi Sulteng, Pimpinan Badan Usaha Industri Keuangan dan Perbankan, Tokoh Organisasi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Serta Para Tamu Undangan Lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulteng dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Gubernur Sulteng Drs H. Ma’mun Amir, pada acara ramah tamah memperingati hari ulang tahun ke-60 provinsi sulteng yang-dirangkaikan dengan acara pembukaan sulteng expo tahun 2024,. Menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memacu dan memotivasi para pelaku ekonomi agar mampu mengoptimalisasi pengelolaan sumber daya alam sulteng. Secara berkelanjutan dengan meningkatkan nilai tambah komoditas dan daya saingnya yang didukung sumber daya manusia professional.

Olehnya itu, memandang sulteng expo buka hanya sekedar tentang pameran produk unggulan daerah akan tetapi lebih daripada itu, Sulteng Expo merupakan wujud komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan dan mempromosikan potensi-potensi lokal Sulteng yang kaya. Dan tidak terbatas ini agar naik kelas kelevel yang lebih tinggi, maka melalui ajang sulteng expo ini kita memiliki kesempatan besar untuk mengenalkan kepada dunia luar tentang kekayaan alam sulteng yang-dimana telah memiliki 8 jenis tambang, keberagaman budaya yang unik, dan destinasi wisata yang indah, serta potensi-potensi ekonomi dari berbagai sektor yang ada di kabupaten/kota untuk memikat para investor.

Baca Juga: DPRD Sulteng Rapat Paripurna Bahas LKPJ Gubernur Sulteng 2023

Selain itu, Wakil Gubernur Sulteng Drs. H Ma’mun Amir, juga menyampaikan bahwa pada acara Sulteng Expo juga-dilaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata Indonesia (Gernas BWI). Serta acara-acara lainnya dengan muatan edukasi hiburan, motivasi, dan informasi yang mencerahkan.

Dan pada kesempatan tersebut, H. Moh Nur Dg Rahmatu, menyapaikan bahwa kegiatan ini baru dapat-dilaksanakan kembali. Setelah Sulteng di landa bencana alam dan pandemi covid-19. Sehingga dari itu atas nama lembaga DPRD provinsi sulteng menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah bentuk kepedulian pemerintah. Agar bagaimana mengeksploitasi prodak-prodak UKM dan IKN di sulteng agar mudah di kenal oleh masyarakat secara luas.

Serta menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai wadah penyebaran informasi tentang potensi mineral, pariwisata. Dan kebanggaan produk-produk lokal yang-dimiliki sulteng. Olehnya itu kegiatan seperti ini dapat terus di kembangkan dan-dilaksanakan setiap tahun dengan konsep yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Pansus DPRD Untuk LKPJ Gubernur Sulteng Kunker ke Kementan

Namun dalam hal ini, Nur Dg Rahmatu, juga menyampaikan bahwa kita sadari bersama tentunya kegiatan ini masih terdapat kekurangan. Akan tetapi kekurangan tersebut dapat-diminimalisir dengan baik, dan hal tersebut dapat di poles kembali.

Olehnya iu, ia berharap kepada pemerintah daerah agar kiranya dapat mengalokasikan atau dapat meletakan anggaran promosi. Agar kegiatan inovasi tentang produk-produk lokal tersebut lebih besar lagi. Karena hal tersebut tentunya membutuhkan biaya dan tentunya DPRD provinsi sulteng mendukung hal tersebut.

Pembukaan acara ramah tamah Hut provinsi sulteng ke-60 yang-dirangkaikan dengan pembukaan Sulteng Expo tahun 2024. Di tandai dengan pemasangan 8 (delapan) buah bendera. Yang melambangkan bahwa Provinsi Sulteng merupakan daerah yang mempunyai sumber daya alam dengan memilki 8 (delapan) jenis tambang. Serta pada kesempatan tersebut wakil gubernur sulteng, Anggota DPRD provinsi sulteng. Dan, para tamu undangan lainnya melakukan kunjugan ke stand-stand pameran. Yang telah-disediakan oleh para OPD lingkup pemda sulteng maupun para OPD lingkup pemda kabupaten/kota se-sulteng, dan stand para palaku UMKM. (ysw/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button