NewsSulsel

Terima Kunjungan Konjen India, Pj Sekda Sulsel Tawarkan Kerjasama Industri Pengolahan Sutera

LUWU, NEWSURBAN.ID – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) India, Shashank Vikram, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 7 Mei 2024.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah potensi atau peluang kerjasama yang dapat dibangun oleh Pemerintah India dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Diantaranya, terkait industri pertanian, pariwisata, pendidikan, dan berbagai sektor lainnya.

Dalam pertemuan itu, Andi Arsjad mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan sangat terbuka untuk membangun peluang kerjasama dengan Pemerintah India di segala sektor, seperti sektor pertanian, pariwisata, teknologi, dan lainnya.

Baca Juga: Pj Sekda Harap Kehadiran BLK Maritim Turunkan Tingkat Pengangguran di Sulsel

Andi Arsjad juga menawarkan peluang kerjasama dalam industri pengolahan tekstil, khususnya kain sutera. Pasalnya, India terkenal dengan kain sarinya yang berbahan sutera. Sehingga diyakini India memiliki teknologi pengolahan sutera yang jika dikerjasamakan dapat meningkatkan kualitas sutera di Sulawesi Selatan.

“India terkenal dengan sutera pakaian sarinya, kita butuh teknologi tekstil, bagaimana memproduksi sutera kita lebih berkualitas. Mereka punya teknologi, marketingnya juga mereka punya,” ucapnya.

Dengan begitu, Andi Arsjad berharap Pemerintah India kedepannya juga dapat memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para pelaku industri rumah tangga di sektor sutera sehingga kedepannya industri rumah tangga di Sulawesi Selatan bisa menjadi industri yang terdepan.

Baca Juga: 16 Desa di Luwu Masih Terisolir Jadi Perhatian BNPB

Sementara itu, Konjen India Shashank Vikram mengatakan, kunjungannya ke Sulawesi Selatan untuk bersilaturahmi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Bahkan Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar adalah daerah pertama yang dikunjunginya sebagai pejabat Konjen yang baru di Indonesia, yang bertugas sejak Januari 2024.

Ia juga mengungkapkan, kehadirannya di Sulawesi Selatan sekaligus untuk memperluas hubungan bilateral India dengan Indonesia, sehingga dalam kunjungannya itu, Shashank membahas beberapa peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kedatangan kami untuk membahas mengenai pertanian, pariwisata, juga mengenai pendidikan, juga potensi-potensi lain di Sulawesi Selatan yang bisa saja dikolaborasikan ke depan,” ucapnya di hadapan Pj Sekda.

Baca Juga: BNPB Beri Bantuan DSP Rp 2,5 Miliar Beserta Logistik untuk Bencana di Sulsel

Pada kesempatan itu, Shashank juga mengapresiasi tawaran kerjasama untuk industri pengolahan tekstil. Dimana tawaran ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak Konjen India untuk Indonesia yang berbasis di Denpasar, Bali.

Pada kesempatan itu juga, Shashank menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terkait rencana kegiatan 75 Tahun kerjasama India dan Indonesia dengan menggelar kegiatan Yoga di 75 titik di Indonesia, salah satunya di Kota Makassar. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button