KesehatanMetroNews

Jalan Santai Anti Mager IKA UNHAS Kumpulkan 125 KG Sampah

BONE, NEWSURBAN.IDGubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengaku salut dengan hasil kegiatan jalan santai anti mager (malas gerak) yang dilaksanakan di desa Mappesangka, Bone, Sabtu (13/8).

Pasalnya, kegiatan jalan santai tersebut di rangkaikan dengan kegiatan pungut sampah yang di lakukan ribuan peserta. Di pimpin langsung oleh ketua umum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman dan bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi.

Baca Juga : Kloter Terakhir Jemaah Haji Embarkasi Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air

Kegiatan pungut sampah ini berhasil mengumpulkan sampah seberat 125 kg terdiri dari sampah organic dan sampah non organic. Selanjutnya khusus sampah an organic berupa plastic dan kertas akan di sumbangkan kepada pengumpul sampah yang ada di kecamatan Ponre.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman usai mengikuti acara seremonial jalan santai, menyempatkan waktu melihat langsung tumpukan sampah hasil kegiatan lomba. Menurut Andi Sudirman, program pungut sampah ini harus di barengi edukasi karena sampai memiliki potensi pasar untuk di daur ulang menjadi produk bermanfaat.

Menanggapi hal tersebut, Saharuddin Ridwan yang juga ketua divisi pengolahan sampah dan limbah IKA Unhas. Mengaku akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan membentuk bank sampah unit desa di di Desa Mappesangka.

Baca Juga : Anti Mager, Gubernur Andi Sudirman Berikan Motor Anak Yatim Piatu di Bone

Di depan Andi Sudirman, pendiri asosiasi bank sampah Indonesia ini bahkan menyatakan keinginannya untuk membentuk bank sampah induk provinsi. Sebagai mata rantai pemasaran sampah di Sulawesi Selatan dalam memfasilitasi semua bank sampah yang ada di Sulsel.

Menanggapi hal tersebut, gubernur meminta IKA Unhas segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk merealisasikan hal tersebut. Kegiatan lomba pungut sampah ini juga di dukung oleh seksi kesehatan lingkungan dinas kesehatan provinsi Sulsel dan Bone serta puskesmas Desa Mappesangka serta aparat desa setempat. (cr)

#ANTI MAGER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button