MetroNews

Sambut Dies Natalies Unhas Ke 67, Sejumlah Program Unggulan dan Sederet Prestasi Unhas Akan Ditunjukkan

MAKASSAR, NEWSURBAN.IDTanggal 9 September 2023, Universitas Hasanuddin (Unhas) memasuki usia yang ke-67. Sebelum acara puncak di dies natalis Unhas ada beragan kegiatan yang akan digelar mulai dari lomba dan Pengabdian Masyarakat.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-67 Unhas Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si mengatakan rangkaian Dies Natalis diawali dengan pertandingan olahraga persahabatan untuk cabang tenis lapangan antar civitas akademika.

“Kemudian ada pertandingan futsal putri, badminton putra putri, catur putra putri dan juga ada pertandingan menarik yaitu domino, dan ini akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 18 Agustus 2023,”ujarnya Selasa (1/8/2023).

Lebih jauh dia menjelaskan selain ada pertandingan untuk cabang olahraga, ada juga dilakukan pengabdian masyarakat yang rencana kegiatannya itu berlangsung di Kabupaten Pangkep.

Baca Juga : Besok, Ribuan Petani Murica Akan Menduduki Kantor PT Vale

Pada tanggal 9 hingga 23 Agustus 2023 pengabdian masyarakat di Pangkep diawali di Pulau Karanrang.

“Mengapa dipilih di Pulau Karanrang, karena di pulau tersebut terjadi lompatan yang tinggi untuk kasus cacingan berdasarkan riset dari Parsaitologi Unhas. Dimana pada kegiatan nanti, akan dilakukan penyuluhan terkait penyebab cacingan, faktor lingkungan dan juga penyuluhan terkait vektor penyebarannya,” terangnya.

Menurut Dekan Keperawatan Unhas ini, pada kegiatan pengabdian masyarakat ada 32 tim yang akan bergerak dari berbagai fakultas dari 17 fakultas yang ada di Unhas. Pada pengabdian masyarakat kali ini, dipilih 32 tema dari 104 jenis tema pengabdian.

Dia juga menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat dipilih di Pangkep juga berdasarkan screening dari 216 Mahasiswa KKN Profesi di Pangkep.

Kemudian pada tanggal 9 – 10 Agustus juga akan diadakan operasi bibir sumbing bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia dengan target 50 pasien. Adapun lokasi operasi bibir sumbing di RS. Batara Siang Pangkep.

“Dan acara puncak kegiatan pengabdian masyarakat itu, ada dua, yaitu pada tanggal 23 Agustus 2023, dimana yang pertama kunjungan ke pulau Sogi Pangkep dan Pameran produk UMKM di ruang pola kantor Bupati Pangkep,” jelasnya.

Masih menjadi rangkaian Dies Natalis, lanjutnya, pada tanggal 26 Agustus 2023 diadakan Internasional Festival Student untuk para siswa yang menimba ilmu di Unhas yang kemudian dilanjutkan dengan Tabligh Akbar oleh Ustadz Nur Maulana.

Baca Juga : Reses di Dua Kelurahan Legislator Budi Hastuti Terima Keluhan Warga Terkait Infrastruktur

Setelah itu tanggal 29 Agustus 2023 akan ada ramah tamah internal civitas akademika Unhas di Hotel Unhas.

“Kemudian para Alumni Unhas pada 2 September, diperkirakan ada 15000 orang yang akan hadir akan bertemu di Hotel Unhas dan sekaligus launching bibit jagung Jago (JJ) oleh Fakultas Pertanian,” terangnya lagi.

Lanjut Prof Ariyanti menjelaskan bahwa pada tanggal 3 September 2023 diadakan launching Kapal Unhas Eksplorer di pantai Losari. Selanjutnya ziarah ke makam Sultan Hasanuddin (ilmu Budaya) pada tanggal 7 September 2023.

“Kemudian puncak acara Dies Natalis ke-67 Unhas pada tanggal 9 September 2023 dengan Rapat Senat terbuka yang dihadiri civitas akademika Unhas serta orasi ilmiah dari salah narasumber yang saat ini masih kita adakan kepastian kehadirannya, yang Malam puncak dilakukan di Hotel Unhas,” ujarnya.

Diketahui, Universitas Hasanuddin secara resmi ada pada tahun 1956, di kota Makassar pada tahun 1947 telah berdiri Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta berdasarkan keputusan Letnan Jenderal Gubernur Pemerintah Hindia Belanda Nomor 127 tanggal 23 Juli 1947. (*/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button