MetroNews

Aksi Bersih-Bersih ‘APPATTASA’ Libatkan Ratusan Relawan, Bersihkan Sampah Hingga 18 Ton

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar berkolaborasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah gelar aksi bersih-bersih ‘Appattasa’ atau aksi giat bakti sosial.

Kegiatan ini berpusat di RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu 27 Januari 2024.

Kawasan pesisir tersebut memang mengalami penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan.

Baca Juga: Persiapan Penilaian Adipura 2023, Pj Sekda Makassar Imbau OPD Terkait Fokus Pembenahan

Terlebih, penumpukan tersebut juga di perparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang.

Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberi dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli lingkungan termaksud masyarakat sekitar.

Sedikitnya 18 Ton sampah berhasil diangkat dari ratusan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan Appattasa.

Baca Juga: Hadiri Sertijab DWP Makassar, PJ Sekda Harap Jajaran DWP Dukung Program Strategis Pemkot Makassar

“Jadi dua kelompok pemuda ini punya satu misi yang sama bagaimana membawa perubahan di suatu tempat khususnya di Kecamatan Ujung Tanah, RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya yang merupakan dermaga pasang surut. Jumlah volume sampah di bawah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil kita angkat kurang lebih 18 Ton karena selain sampah kiriman dari kapal nelayan atau kapal lainnya yang terkadang buang sampah di laut yang akhirnya masuk ke daratan ditambah juga warga yang sebagian besar masih belum memiliki kesadaran akan kebersihan,” ungkap Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi.

Kedepan, Amanda Syahwaldi yang belum 1 bulan menjabat camat Ujung Tanah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan yang dapat merusak lingkungan.

“Kami sudah menghimbau warga agar sampah ini ke depan, mereka kemas, terus mereka letakkan di titik penjemputan,” ujarnya.

Baca Juga: Fadliah Firman Resmi Terima SK Jabatan Pj Ketua DWP Kota Makassar

Di tempat yang sama, Plt. Kadispora Kota Makassar Andi Engka Bau Djemma bangga dengan semangat. Atas apa yang telah di lakukan para Duta Pemuda-Dispora Makassar dan Tim TP PKK Milenial Kecamatan Ujung Tanah.

“Hari ini sebenarnya sangat kecil kontribusinya terhadap lingkungan. Tapi sekecil apapun itu semua yang-dilakukan teman-teman hari ini jauh lebih besar dari diri kita masing-masing. Mindset bahwa aktualisasi diri pemuda adalah ketika kita memulai tidak hanya memikirkan diri sendiri. Tapi memikirkan orang lain dan lingkungan,” tutur Andi Engka.

Ia melanjutkan setelah kegiatan ini berjalan sudah ada beberapa kecamatan yang meminta untuk datang. Dan memang hal ini sejalan dengan arahan wali kota Makassar dan ketua TP PKK Kota Makassar.

Baca Juga: Segara Rampung, Danny Pomanto dan Indira Yusuf Ismail Kembali Tinjau Gedung Baru PKK Makassar

“Kalau bisa kegiatan ini sebaiknya di lakukan di setiap kecamatan, dan teman-teman siap dengan segala semangatnya. Bahkan sampai 15 kecamatan,” imbuhnya.

Di ketahui, hadir dalam aksi bersih-bersih itu, Plt. Kadispora Andi Engka, Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi. Ketua TP PKK Kecamatan Ujung Tanah Andi Fadilah Rizki Rifai, Direktur Umum PDAM Kota Makassar Indira Mulyasari. Dan Kabid Pemberdayaan Pemuda-Dispora Muhammad Dasysyara Dahyar. Termasuk dari KNPI Kecamatan Ujung Tanah yang jumlahnya sekitar 200 orang. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button