KesehatanNasionalNews
Trending

Menkes Ungkap Sumber Omicron yang Menulari OB Wisma Atlet

JAKARTA, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kabar baru terkait virus Omicron yang masuk ke Indonesia dan menjangkiti seorang OB Wisma Atlet. Ia menyebut kasus yang sebelumnya diteliti sudah terbukti. Dan, semua kasus Omicron di Indonesia adalah imported case atau kasus orang dari luar negeri.

Budi mengungkapkan asal-usul petugas kebersihan Wisma Atlet terinfeksi Covid-19 varian omicron. Petugas tersebut tertular dari seorang wanita Indonesia yang baru pulang dari Nigeria.

“Di Indonesia kita sudah disampaikan office boy yang kena (Omicron), kita konfirmasi tenaga kesehatan tersebut kena dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri seorang wanita WNI data dari Nigeria,” ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers digital di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Kasus Pertama Omicron RI Ditemukan dari OB Wisma Atlet

Budi menjelaskan wanita tersebut kembali ke Indonesia pada 27 November 2021 dari Negeria.

“Jadi sudah terbukti semua kasus (omicron) di Indonesia adalah imported case … Alhamdulilah semua kasus terjadi di karantina, bisa kita tangkap di karantina sampai saat ini belum ada yang menyebar ke luar,” jelasnya.

Baca Juga: VOC Omicron Asal Afrika Selatan Masuk Asia, RI Susun Pertahanan

Sebelumnya, Kemenkes mengumumkan kasus pertama Covid-19 varian omicron di Indonesia adalah seorang tenaga kesehatan Wisma Atlet. Ia terkonfirmasi tertular varian baru ini pada 15 Desember 2021.

Tertularnya petugas kesehatan ini sempat menjadi tanda tanya karena petugas kebersihan tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Saat petugas kesehatan tersebut sudah sembuh dari Covid-19. (bs/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button