NewsSulsel

Hadiri Peringatan HKG PKK Ke-51, Adnan Minta PKK Gowa Berkolaborasi Turunkan Stunting

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Gowa, di Mall Phinisi Point Makassar, Kamis (21/9).

Pada momentum tersebut, orang nomor satu di Gowa itu mengajak PKK ikut serta dalam menangani permasalahan stunting yang kini menjadi perhatian nasional.

“PR kita saat ini adalah bagaimana kita memberantas stunting. PKK harus memiliki peran, kontribusi dan komitmen yang sama untuk bisa menurunkan stunting, terlebih target bapak Presiden tahun depan stunting Indonesia sisa 14 persen dan kita diminta berkontribusi agar mampu mencapai target tersebut,” ungkapnya saat hadiri peringatan HKG PKK ke-51 tingkat Kabupaten Gowa.

Baca Juga: DPRD Setujui APBD Perubahan Pemkab Gowa Tahun 2023

Bupati Adnan menyebut, PKK memiliki peran dalam pembangunan SDM melalui pembinaan dalam keluarga. Menurutnya dengan pembinaan yang-dimulai dari rumah tersebut akan sangat membantu dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Gowa.

“Keluarga meskipun unit terkecil tetapi memiliki dampak yang luar biasa. Sehingga kalau keluarganya baik dan mampu dibina maka yakin dan percaya masyarakat itu pasti akan baik dan memiliki kualitas SDM yang unggul, maju dan peran PKK tentu tidak lepas dari itu yakni membangun sumber daya manusia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tambah orang nomor satu di Gowa ini.

Olehnya itu, dia berharap dengan dukungan dan support dari seluruh pihak khususnya PKK Gowa, kedepan stunting di Kabupaten Gowa bisa-diberantas dan mampu berkontribusi dalam penurunan stunting di Indonesia yakni 14 persen di tahun 2024.

Baca Juga: Adnan Lantik Karim Dania Jadi Penjabat Sekda Gowa

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyampaikan. Kegiatan ini mengangkat tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh, Wujudkan Indonesia Tumbuh” yang mengandung makna kebersamaan. Dan keterpaduan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Jika kita memiliki tekad dan kemampuan untuk bergerak bersama itu maka kita bisa mewujudkan Indonesia tumbuh. Yang pada akhirnya menjadikan Indonesia maju,” katanya.

Priska mengaku, terkait penurunan stunting di Gowa, pergerakan dan peran serta atau partisipasi masyarakat juga ikut andil dalam hal tersebut. Karena dalam pembangunan di butuhkan gotong royong atau bekerja bersama. Sehingga PKK selalu siap berkolaborasi.

Baca Juga: Adnan Tegaskan Gowa Harus Berkontribusi Terhadap Penurunan Angka Stunting Nasional

“Dalam percepatan penurunan stunting jika di sertai dengan dukungan peran serta, dan gotong royong masyarakat. Insya Allah hasil dan dampaknya akan mempunyai nilai tambah yang luar biasa. Inilah yang harus kita sadari bersama bahwa PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi. Dan mendukung garis kebijakan program pemerintah termasuk memberantas stunting,” tambah istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Lebih lanjut, Priska mengimbau agar sasaran pencapaian program pemerintah perlu di dorong melalui peran nyata gerakan PKK. Sebagai gerakan dalam pertumbuhan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat. Menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

“Kami berharap agar kita sebagai keluarga besar gerakan PKK tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian kita selaku relawan. Serta mari bergerak bersama dengan bakti dan karya nyata dan bergerak, bekerja tanpa pamrih. Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan Indonesia maju,” harapnya.

Pada peringatan ini Bupati Gowa di dampingi Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, Pj Sekda Gowa, Abd. Karim Dania, para pimpinan perbankan, BPJS dan Pegadaian. Serta Para Pimpinan SKPD, Camat Lingkup Pemkab Gowa bersama para Pengurus PKK Kabupaten Gowa dan Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gowa. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button