NewsPendidikanSulsel

Pj Gubernur Bahtiar Motivasi Mahasiswa Unibos Kembangkan Budidaya Pisang

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID –Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memberikan motivasi pada 400 mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) pada seminar nasional yang mengangkat tema Inovasi Kolaborasi yang Inklusif Menuju Sumber Daya Manusia Unggul dan Kompetitif, Rabu, 4 Oktober 2023.

Prof Dr Agus Pramusinto MDA sebagai Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof Dr Haeruddin Saleh SE MSi sebagai Vice 1 Rektor Universitas Bosowa, dan Didik Iskandar sebagai Moderator dan Dosen Unibos turut hadir pada Seminar Nasional tersebut.

Pj Gubernur Bahtiar menjelaskan, penduduk Sulsel sekitar 9 juta jiwa punya potensi Sumber Daya Alam (SDA) melimpah untuk dikelola secara baik dan berkelanjutan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah ini.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar dan Ketua PKK Sofha Marwah Di kukuhkan Jadi Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting

“Sulsel punya SDA yang melimpah sehingga mesti di tunjang dengan SDM yang profesional dari beragam profesi dapat di berdayakan. Untuk meningkatkan produktivitas potensi SDA di daerah ini,” ujarnya saat menghadiri serangkaian kegiatan Dies Natalis ke 37 Tahun Universitas Bosowa (Unibos).

Jika menelisik catatan sejarah, kata dia, Sulsel dulu semasa Pemerintah Hindia Belanda di sebut Jong Celebes, punya catatan sejarah. Sebagai pusat dagang dunia. Hal ini tercermin dari meningkatnya lalu lintas barang melalui jalur laut Selat Makassar meliputi Pelabuhan Soekarno-Hatta di Makassar dan Pelabuhan Nusantara Parepare. Di masa datang, perlu di kembangkan jalur laut melalui Teluk Bone.

“Dulu Jong Celebes sebagai pusat dagang dunia di tandai lalu lintas barang melalui Selat Makassar. Maka di masa datang di kembangkan lalu lintas barang melalui Teluk Bone,” paparnya.

Baca Juga: Stok Beras Sulsel Cukup Hingga Akhir Tahun, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Kinerja Bulog

Ia menambahkan, sampai saat ini nikel dan komoditi biota laut seperti ikan dan udang menjadi komoditi ekspor unggulan. Yang mampu menopang perekonomian Sulsel, yang tumbuh di atas 5 persen pada triwulan ketiga tahun 2023.

“Biota laut dan Nikel menjadi komoditas unggulan ekspor daerah ini. Kita berharap ke depan tanaman holtikultura melalui budidaya pisang juga menjadi komoditas ekspor unggulan,” paparnya.

Olehnya itu, Pj. Gubernur Bahtiar pun mengimbau pada mahasiswa Universitas Bosowa untuk turut mengembangkan budidaya komoditas holtikultura. Seperti tanaman pisang. Lahan yang tidak produktif dapat di berdayakan dan di.jadikan sumber penghasilan utama.

“Kami mengajak perguruan tinggi, khususnya mahasiswa Universitas Bosowa untuk turut mengembangkan budidaya pisang. Berdayakan lahan tidur menjadi produktif,” pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button