NewsNusantaraSulsel

Wujudkan Layanan Inklusif, Disdukcapil Peduli Disabilitas

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Wujudkan layanan inklusif, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se- Sulawesi mencanangkan Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas. Melalui Pendataan, Perekaman dan Penerbitan Dokumen Kependudukan (Biodata, KTP-el, KIA dan Akte Kelahiran) yang-dipusatkan di Baruga Karaeng Pattingaloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan Makassar, Jumat (29/7/2022).

Pencanangan yang berlangsung melalui Zoom oleh kabupaten kota se-Sulawesi dihadiri Gubernur Sulawesi Andi Sudirman Sulaiman bersama Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arief Fakhrullah.

Baca Juga: Tidak Bahas Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2021, Fungsi Legislasi DPRD Bulukumba Di pertanyakan

Sementara di Bulukumba melalui zoom meeting, bertempat di SLB, Sekretaris Daerah Muh. Ali Saleng hadir bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Andi Buyung Saputra dan stakeholder lainnya. Adapun Kadis Dukcapil Dedi Rahmadi hadir secara langsung di Makassar.

Pada kegiatan ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemprov Sulsel menghadirkan layanan pendataan, perekaman, penerbitan dokumen langsung bagi para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2021 Batal Di bahas, Pemda dan DPRD Bulukumba Saling Lempar Kesalahan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sulsel, Sukarniaty Kondolele menyebutkan, jumlah penyandang disabilitas yang saat ini tersinkronisasi di Sulsel 32.443 jiwa. Dan SLB sebanyak 90 dengan jumlah siswa 4.109 orang.

“Kita berusaha memenuhi hak dari penyandang disabilitas dalam pelayanan dokumen kependudukan. Sehingga dapat menerima pelayanan publik, perlindungan hukum dan menyalurkan hak pilihnya,” sebut Sukarniaty.

Baca Juga: Dana Pokir DPRD Bulukumba Di soroti, WRC Minta Polda Sulsel Lakukan Pengawasan

Pada cara tersebut, Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia, menyampaikan, Sulsel daerah 10 besar dengan populasi penyandang-disablitas terbesar di seluruh Indonesia.

Pemerintah Pusat memastikan inovasi dan transformasi program yang menjamin inklusivitas-disablitas dapat terwujud dan bisa berjalan dan-disiapkan dengan baik oleh Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Kebakaran di Bulukumba, Gubernur Andi Sudirman Cepat Tanggap Salurkan Buffer Stok Logistik ke Korban Kebakaran

Berkaitan dengan itu, maka pendataan dan perencanaan inklusif bagi penyandang-disabilitas-dilakukan. Serta pentingnya ragam pendataan kaum-difabel.

Ia minta penyandang-disabilitas tidak malu mencantumkan ragam disabilitas di biodatanya. Karena ini akan membantu pemerintah dalam mewujudkan program jangka panjang.

“Saya penyandang-disablitas, saya menggunakan alat bantu (pendengaran) karena saya-disabilitas,” sebutnya.

Baca Juga: Disdukcapil Bulukumba: KIA Cegah Perdagangan Anak

Di Kabupaten Bulukumba, pencanangan tersebut-dirangkaikan dengan kegiatan layanan jemput bola pelayanan Biodata,Perekaman KTP-eL, Akta Lahir dan KIA.

Sekretaris Daerah Muh. Ali Saleng melakukan penyerahan Barcode layanan kepada para peserta didik SLB dan dua orang ODGJ. Serta bantuan dua buah tongkat bagi salah satu penyandang Disabilitas fisik.

Menurut Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Andi Nurhikmah, layanan sehari tersebut,Disdukcapil Bulukumba melayani 85 KIA (Kartu Identitas Anak). 18 KTP-eL, 8 Akta Lahir untuk peserta didik Sekolah Luar Biasa.

“Penyerahannya langsung-diberikan ke pemiliknya oleh bapak Sekretaris Daerah,” singkatnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button