InternasionalMetroNews

Ikut Tong Tong Fair di Belanda, Indira Yusuf Ismail Kenalkan Budaya dan Kerajinan Makassar

DEN HAAG, NEWSURBAN.ID — Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dengan bangga hadir dalam acara Tong Tong Fair di Den Haag, Belanda. Acara tersebut merupakan salah satu festival budaya terbesar di Eropa yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia.

Pada kegiatan Tong Tong Fair di Belanda akan berlangsung pada 31 Agustus hingga 10 September 2023 ini. Indira tak membuang kesempatan untuk mempromosikan budaya dan kerajinan lokal unggulan Kota Makassar.

Dekranasda bersama sejumlah perwakilan OPD Pemerintah Kota Makassar lainnya berhasil memamerkan keindahan budaya Makassar melalui pameran budaya dan pameran kerajinan tangan yang menggambarkan keterampilan para pengrajin Makassar.

Baca Juga: Indira Yusuf Ismail Tebar Kebahagiaan dalam Anjangsana di Panti Asuhan

Stand Kota Makassar di Tong Tong Fair menjadi daya tarik utama pengunjung. Beragam oleh-oleh khas Makassar mulai dari bumbu coto, manik-manik, serta kain dan baju lontara di pamerkan di stand ini. Menghadirkan nuansa autentik dari Kota Anging Mammiri di tengah-tengah negeri kincir angin tersebut.

Hal membanggakan pun turut-ditorehkan oleh sejumlah penari dan pemusik dari Dinas Kebudayaan Kota Makassar yang-diwakili oleh grup Yayasan Anging Mammiri Makassar.

Mereka di berikan hak istimewa mengantarkan langsung Wali Kota Den Haag, Jan van Zanen beserta tamu VIP lainnya untuk memasuki area Tong Tong Fair.

Baca Juga: Dekranasda Makassar Pamerkan Produk Unggul di F8 Makassar

Indira mengungkapkan rasa syukurnya bisa hadir dalam acara tersebut. Dia berharap kolaborasi budaya antara Makassar dan Den Haag akan semakin erat di masa depan.

Dia juga berharap agar semakin banyak orang dari Belanda dan negara-negara Eropa lainnya dapat mengenal. Serta mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia, khususnya dari Makassar.

“Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam Tong Tong Fair ini. Untuk menghadirkan kekayaan budaya dan kreativitas kerajinan Makassar ke panggung dunia. Semoga melalui acara ini, kita dapat menginspirasi kerja sama budaya antara Indonesia dan Belanda. Serta negara-negara lainnya,” ucap Indira.

Baca Juga: Ketua Dekranasda Makassar Dorong Kemandirian Pelaku UMKM Melalui Program Kemitraan

Partisipasi Indira bersama Dekranasda Kota Makassar di Tong Tong Fair di Belanda tidak hanya memperkenalkan budaya dan kerajinan Makassar. Tetapi juga membantu membangun jembatan budaya antara dua negara yang berbeda.

Dia harapkan, keberhasilan ini akan membawa manfaat positif dalam pengembangan industri kerajinan dan pariwisata di Makassar. Serta hubungan bilateral antara Makassar dan Belanda.

“Melalui kegiatan ini kita berharap menjadi jembatan dan kesempatan untuk UMKM kita naik kelas ke pasar global,” sebutnya.

Festival Tong Tong sendiri adalah festival terbesar di dunia untuk budaya Indonesia yang diadakan setiap tahun di Belanda. Festival ini mulai digelar pada tahun 1959 dan menjadi salah satu festival tertua dan festival akbar terbesar keempat di Belanda. Pada tahun 2009, namanya diubah menjadi ‘Tong Tong Fair’. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button