NewsNusantaraSulsel
Trending

Presentasikan Inovasi Sahabat Lapor, Bupati Gowa Target Masuk Top 10 Penagelolaan Pengaduan Terbaik

GOWA, NEWSURBAN.ID — Setelah berhasil masuk Top 51 peserta terbaik dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 Tahun 2022  oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Tahun 2022. Pemerintah Kabupaten Gowa kini mengikuti tahapan presentasi dalam evaluasi lanjutan kompetisi tersebut.

Presentasi tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan secara virtual dengan memaparkan mengenai efektivitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) melalui pemberdayaan masyarakat (Inovasi Sahabat Lapor).

Baca Juga: Wabup Gowa Harap Purna Paskibraka Indonesia Gowa Jadi Pelaku Sejarah Pembangunan Bangsa dan Daerah

Adnan mengaku, pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional bagi pemerintah daerah ke dalam aplikasi SP4N-LAPOR. Masih belum optimal digunakan. Ini di lihat dari masih rendahnya partisipasi masyarakat menyampaikan pengaduan melalui media Aplikasi SP4N-LAPOR. Dan cakupan wilayah kerja penyampaian pengaduan melalui media Aplikasi SP4N-LAPOR.

“Semua itu,disebabkan karena rendahnya penyebaran informasi; penggunaan perangkat teknologi informasi dan internet; dan kepedulian masyarakat yang masih enggan dan takut melapor,” ungkapnya.

Baca Juga: Adnan Ajak Pemuda Pancasila Bangun Daerah Kabupaten Gowa

Olehnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Gowa membuat suatu perubahan. Dan perbaikan pengelolaan pengaduan melalui Inovasi Sahabat Lapor. Layanan ini, merupakan pemberdayaan masyarakat. Yang terdiri dari perwakilan unsur pemuda yang peduli terhadap pelayanan publik dan tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

“Sahabat Lapor ini bertugas untuk menyebarluaskan informasi tentang media pengaduan aplikasi LAPOR; memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan; serta mengawasi kinerja penyelenggaraan pemerintah di kecamatan dan melaporkan pada aplikasi LAPOR,” jelas Adnan.

Baca Juga: Dongkrak Cakupan Vaksin Covid-19, Pemkab Gowa Gelar Gebyar Vaksinasi Serentak di 18 Kecamatan

Lebih jauh, Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menyampaikan inovasi ini akan menjadi solusi terhadap permasalahan masyarakat di Kabupaten Gowa untuk perbaikan kinerja Pemkab Gowa dengan memanfaatkan aplikasi LAPOR.

“Tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan cakupan wilayah, dalam menyampaikan pengadaan melalui aplikasi SP4N-LAPOR sehingga dari pengaduan tersebut dapat dilakukan perbaikan pelayanan publik,” jelasnya.

Baca Juga: Seminar Internasional Syekh Yusuf, Bupati Gowa: Perkenalkan Jejak Sejarah Daerah

Ia berharap dengan adanya inovasi pengaduan tersebut, Pemkab Gowa bisa masuk dalam Top 10 peserta terbaik. Pada kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 Tahun 2022.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan, jumlah pendaftar pada kompetisi ini, –sebanyak 759 peserta instansi pemerintah seluruh Indonesia. Setelah melalui Tahapan Evaluasi Dokumen, Pemerintah Kabupaten Gowa di tetapkan sebagai Top 51 Peserta Terbaik.

Baca Juga: Pemkab Gowa Dorong Peningkatan Kepesertaan JKN-KIS dan Kualitas Layanan Kesehatan

“Peserta yang lolos Top 51 ini, hanya terdiri dari 11 Instansi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia. Dan hanya Pemkab Gowa yang berasal dari Instansi Pemerintah wilayah Indonesia Timur,” katanya.

Tahapan selanjutnya kata Sujjadan, Pemkab Gowa melakukan Presentasi, Wawancara dan Observasi Lapangan di hadapan Tim Panel/Juri. Sebagai Kegiatan Evaluasi Lanjutan/Penjurian Kompetisi untuk menetapkan Top 10 Peserta Terbaik salah satunya presentasi yang baru saja di lakukan oleh Bupati Gowa. (nh/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button