MetroNews

Pemkot Makassar Terbaik Ketiga Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

#Penghargaan Diterima Langsung Danny Pomanto pada Peringatan Hari OTDA

SURABAYA, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kota (Pemkot Makassar) berhasil terima penghargaan sebagai terbaik ketiga penilaian penyelenggaraan pemerintah daerah pada Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Prestasi tersebut, menunjukkan kinerja Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto tumbuh dan berkembang pesat.

Sebelumnya, Pemkot Makassar juga berhasil meraih penghargaan terbaik pertama penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: PJ Sekda Makassar Hadiri Pekan Olahraga Pamong Praja, Ajang Perkokoh Silatuhrahmi

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVIII, di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Penghargaan tersebut merupakan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional Tahun 2023 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi dan kabupaten/kota Tahun 2022.

Makassar berada di peringkat ketiga dengan skor 3,56 status kinerja tinggi. Angka itu tidak jauh dengan skor Surakarta di posisi kedua 3,57 dan Surabaya di posisi pertama dengan skor 3,58.

Baca Juga: Pemkot Makassar Terapkan KTR Mulai Dari Lorong Wisata, Sekolah Hingga Swalayan

Tidak hanya mempertahankan predikat 10 besar kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, kali ini Pemkot Makassar berhasil naik peringkat di tiga besar.

Jika pencapaian ini terus dipertahankan atau masuk 10 besar tiga kali berturut-turut maka Makassar akan kembali meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha untuk kedua kalinya di era pemerintahan Danny Pomanto.

“Alhamdulillah Makassar dari rangking enam naik menjadi rangking tiga. Insya Allah kalau masih 10 besar kita akan kembali memperoleh Parasamya Purnakarya Nugraha untuk kedua kalinya,” kata Danny Pomanto.

Baca Juga: Pemkot Makassar Terapkan KTR Mulai Dari Lorong Wisata, Sekolah Hingga Swalayan

Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan tertinggi yang-diberikan Negara kepada provinsi, kabupaten/kota. Yang telah melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan kinerja terbaik.

Periode pertama kepemimpinan Danny Pomanto, Makassar sudah pernah mendapatkan Parasamya Purnakarya Nugraha, suatu menjadi kebanggaan. Karena tak banyak kepala daerah yang bisa meraih penghargaan itu dalam satu periode menjabat.

“Periode pertama kami sudah pernah di ganjar Parasamya Purnakarya Nugraha. Dan alhamdulillah jika kita masuk lagi 10 besar maka kita bisa dapat lagi untuk kedua kalinya,” tuturnya.

Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah merupakan kerja keras seluruh jajaran Pemkot Makassar serta berkat dukungan masyarakat dan forkopimda.

Baca Juga: Buka Musrenbang RPJPD Makassar PJ Sekda Minta Fokus Perbaikan Infrastruktur dan SDM 

Apalagi ada lebih dari 800 indikator penilaian untuk bisa meraih Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terbaik. Berdasarkan hasil evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi dan kabupaten/kota Tahun 2022.

“Adipura itu hanya satu kriteria dan WTP juga satu indikator. Ini merupakan super penghargaan yang di berikan negara kepada pemerintah daerah,” tutupnya.

Puncak Peringatan Hari OTDA XXVIII di Surabaya juga di rangkaikan dengan penyematan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja. Penghargaan diserahkan kepada penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan prestasi dan kinerja selama menjabat.

Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha ini merupakan penghargaan penting yang di berikan sekali seumur hidup pada kepala daerah. Dan sudah di raih Danny Pomanto pada 2017 periode pertama menjabat Wali Kota Makassar. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button