NewsSulsel

Guru TK Ujung Bulu, Bahas Implementasi Platform Merdeka Mengajar

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Kelompok Kerja Guru Taman Kanak-kanak (KKG TK) Wilayah I Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba melaksanakan konsolidasi dalam rangka pelaksanaan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Konsolidasi dilaksanakan diikuti sekitar 70 Kepala Sekolah dan Guru dari 22 sekolah Taman Kanak-kanak Wilayah I Ujung Bulu di Taman Cekkeng Nurseri Bulukumba, Sabtu 28 Oktober 2023.

Pengawas TK Wilayah I Ujung Bulu Hj. Rohani menyampaikan jika kegiatan yang dilaksanakan membahas 4 hal penting untuk dilakukan dalam proses belajar mengajar pada Pendidikan Anak Usia Dini yaitu penataan lingkungan main, penggunaan alam sekitar sebagai sumber belajar, aksi nyata Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan assesmen diagnostik non akademik.

Baca Juga: Pj Gubernur Didampingi Ketua TP PKK Sulsel Hadiri Puncak Festival Pinisi Bulukumba

Menurut Rohani, PMM hadir sebagai sarana edukasi digital yang memiliki tiga fitur utama yakni belajar, mengajar, dan berkarya. Salah satu aspek penting dalam Platform ini adalah peran dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka yang menjadi landasan bagi pendidikan yang lebih inklusif, kreatif dan kolaboratif.

“Konsolidasi ini penting dalam rangka membangun kesamaan persepsi di kalangan pengelola TK sehingga ke depan proses pembelajaran melalui penerapan Kurikulum Merdeka di lingkungan sekolah akan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ujar Rohani yang didampingi Ketua KKG Hj. Fitriaty dan Sekretaris KKG Marniati.

Sementara itu Kepala Sekolah TK Karina Ujung Bulu Sukarniati menyampaikan jika pihaknya sangat optimis penerapan PMM dapat dilakukan di lingkungan sekolahnya.

Baca Juga: Tanam Pisang di Sinjai, Pj Gubernur Bahtiar: Rupanya Bupati Bulukumba Jadi Investor di Sinjai

“Sebagai bagian dari KKG TK Wilayah I Ujung Bulu ini tentu harus diterapkan dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar di lingkungan sekolah TK,” kata Sukarniati.

Diketahui Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button