NewsNusantaraSulsel

Spesial HUT ke-77 PGRI, 9 Ribu Guru Tumpah di Stadion Mini Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Peringatan HUT ke-77 PGRI Hari Guru Nasional di Kabupaten Bulukumba, berlangsung meriah. Sebanyak 9 ribu Guru tumpah ruah mengikuti upacara di Stadion Mini Bulukumba, Rabu, 21 Desember 2022.

“Sekitar 9 ribuan yang hadir hari ini berdasarkan absensi kemarin. Mulai dari guru TK, SD, SMP dan SMA. ASN maupun Non ASN, serta tenaga kependidikan dan pengawas,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba, Andi Buyung Saputra.

Ia menjelaskan bahwa peringatan Hari Guru Nasional di Bulukumba kali ini, merupakan momen spesial bagi guru. Sebab, itu pertama kali bagi guru berkumpul dalam satu tempat untuk upacara.

Baca Juga: Bulukumba Raih Penghargaan Peringkat Ketiga Terbaik Pencegahan Kerugian Negara

“Biasanya upacara peringatan Hari Guru hanya di ikuti oleh perwakilan-perwakilan sekolah saja. Sekarang, semua guru dapat merasakan secara langsung peringatan Hari Guru ini,” katanya.

Andi Buyung mengemukakan semangat di balik peringatan Hari Guru ini. Pertama, guru-guru di harap dapat bersatu mewujudkan merdeka belajar sebagai program nasional.

Kemudian kedua, katanya, guru-guru di harap dapat mewujudkan program generasi emas. Selain itu, implementasi kurikulum merdeka belajar melalui program ‘Back to Nature’.

Baca Juga: Selaku Pemilik RSUD Bulukumba, Bupati Andi Utta Wawancara dengan Tim Akreditasi

“Program ini satu siswa satu tanaman produktif. Tadi, kita sudah MoU (Memorandum of Understanding) dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, di saksikan Bapak Bupati. Program ini harus berkelanjutan karena menjadi bagian dari kurikulum,” ujarnya.

Sementara, Ketua PGRI Kabupaten Bulukumba, Sahiruddin menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bulukumba. Ia menyebut, kesuksesan HUT ke-77 PGRI ini, berkat supporting dari Bupati-Wabup, serta Disdikbud Bulukumba.

“Kita harap Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun ini, dapat menjadi motivasi bagi guru untuk semakin meningkatkan kualitasnya dalam mengemban amanah sebagai front terdepan dalam mencerdaskan anak-anak dan mewujudkan generasi emas,” imbuhnya.

Baca Juga: Istri Menteri Investasi Puji Perajin Milenial Bulukumba: Masya Allah, Luar Biasa!

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengucapkan selamat HUT ke-77 PGRI, yang juga ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional pada setiap 25 November. Ia menaruh harapan agar guru-guru memberikan pencerahan dan tatanan yang lebih berkualitas dalam segala aspek kehidupan kemasyarakatan, khususnya di bidang pendidikan.

Dalam proses pendidikan, katanya, guru menjadi aktor utama yang memainkan peran penting pada berbagai episode pendidikan.

“Guru adalah jembatan emas bagi generasi muda yang akan melanjutkan episode pembangunan daerah Kabupaten Bulukumba ke depan,” kata bupati yang akrab disapa Andi Utta.

Baca Juga: Istri Menteri Investasi Puji Perajin Milenial Bulukumba: Masya Allah, Luar Biasa!

PGRI, lanjut Andi Utta harus lebih mengedepankan sikap terbuka dan inklusif, dengan memegang teguh etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri.

“PGRI juga, harus terus menjaga kemitraan yang strategis dan konstruktif dengan Pemerintah Daerah dan menjadi saluran aspirasi para anggotanya dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik,” jelas Andi Utta.

Sekadar di ketahui, upacara peringatan Hari Guru Nasional juga di hadiri oleh Ketua DPRD yang di wakili oleh H. Safiuddin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Andi Herfida Perkenalkan Produk UMKM Bulukumba ke Istri Menteri Investasi

Seusai upacara, berbagai rangkaian acara di gelar, yaitu pelantikan Pengurus Kabupaten, Pengurus Cabang Khusus PGRI. Kemudian, MoU antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terkait program Satu Siswa Satu Tanaman Poduktif. Penyerahan simbolis beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, penyerahan insentif guru honorer dari Baznas. Serta penyerahan bibit unggul bagi setiap sekolah SD maupun SMP. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button