NewsSulsel

Akhir Pekan, BPBD Gelar Aksi Bersih di Pantai Tanjung Bira

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba menggelar aksi bersih pantai yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu 22 Juli 2023.

Kegiatan tersebut diadakan pada akhir pekan sebagai langkah konkrit dalam merawat dan memelihara keindahan alam serta ekosistem laut.

Kepala BPBD Bulukumba, Andi Akrim Amir, memimpin pasukan BPBD dalam aksi bersih pantai tersebut. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari berbagai upaya yang dilakukan oleh pihaknya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keindahan alam di kawasan wisata Tanjung Bira.

Baca Juga: Aksi Bulukumba Bersih Di mulai, Gotong Royong Lanjut Senam Bersama

“Menjaga kebersihan pantai menjadi sangat penting. Mengingat potensi kawasan tersebut sebagai destinasi pariwisata yang semakin populer di tingkat nasional,” ungkap Akrim Amir.

Tanjung Bira di pilih sebagai pusat kegiatan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Pelaksanaannya, pada bulan Agustus mendatang. Dengan adanya acara nasional tersebut, kebersihan dan keindahan kawasan Tanjung Bira menjadi sangat krusial. Karena akan menjadi sorotan dan kebanggaan bangsa ketika memperingati momentum HUT Kemerdekaan RI.

Kepala BPBD juga menambahkan bahwa melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Dalam aksi bersih pantai ini akan memberikan dampak yang lebih positif dan berkelanjutan. Selain itu, kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk dalam mengurangi jumlah sampah plastik yang berpotensi mencemari lingkungan laut.

Baca Juga: Di Tanjung Bira, Mendagri Akan Buka Acara Puncak Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Agustus 2023

Aksi bersih pantai oleh BPBD Bulukumba mendapat respons positif dari para pengunjung. Termasuk pelaku pariwisata yang ada di kawasan Tanjung Bira.

Mereka memberikan apresiasi atas upaya nyata BPBD. Mereka berharap agar kegiatan semacam ini dapat rutin. Untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai yang menjadi daya tarik utama bagi pariwisata lokal.

Akrim berharap, langkah-langkah kecil seperti ini dapat memberikan dampak besar. Dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Kawasan Wisata Tanjung Bira. Serta memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam untuk generasi masa depan.

Kegiatan semacam ini juga menjadi contoh nyata bagi daerah lain untuk turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Guna menciptakan pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Di  ketahui aksi bersih pantai ini berlangsung sampai hari Minggu dengan sasaran pantai Panrang Luhu samping Pelabuhan Penyeberangan Bira. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button