MetroNewsNusantaraSulawesi

Eliminasi Tuberkulosis, Ketua Indira Harap Internal Pemkot Makassar Berkolaborasi

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis, Indira Jusuf Ismail menekankan pentingnya koordinasi dan kolaborasi internal Pemerintah Kota Makassar. Untuk memberantas penyakit tuberkulosis (TB).

Indira Jusuf Ismail hal tersebut, dalam Rapat Koordinasi Menuju Makassar Bebas Tuberkulosis, Jumat (18/3/2022). Rakor yang di gelar di Ruang Sipakatau Balaikota Makassar ini di hadiri seluruh OPD lingkup Pemkot Makassar, Camat dan Puskesmas.

“Kita sudah melakukan berbagai macam cara eliminasi tuberkulosis, tetapi tetap saja kita membutuhkan koordinasi multisektoral. Dan, tentunya paling utama kolaborasi dengan elemen yang ada di Pemkot Makassar agar kita semua bisa saling support, saling bantu,” ujar Indira Jusuf Ismail.

Ketua Indira, juga mengatakan, edukasi mengenai indentifikasi awal TB ini secara masif dan kolektif sangat penting. Sebab penyakit yang menyerang pernafasan ini sangat berbahaya dan tidak pandang bulu, bisa menjangkiti siapa saja.

“Kita semua rentan loh. Harus kita tanamkan pada diri ta masing-masing tentang sadarnya kesehatan dann pentingnya saling mengedukasi. Sehingga tidak perlu tunggu pak asisten hadir, dimulai dari diri ta,” kata Indira.

“Mohon semangat dari kita semua. Semua harus hadir mengedukasi masyarakat supaya di tahu. Yang pertama kita ukur di lingkup pemkot dulu. Jangan sampai ada TB di sekitarta,” sambungnya.

Dia juga mengaku optimis dapat membebaskan Makassar dari penyakit mematikan ini. Jika semua pihak dengan kesadaran penuh bekerja secara optimal dengan takaran capaian yang telah di tentukan.

“Kalau kita targetkan tahun depan bisa bebas TB, yah boleh tapi kita mulai dari sekarang yang jelas semuanya terukur di barengi kinerja yang jelas. Saya kira kehadiran ta semua di sini untuk mempercepat pemberantasan TB. Karena begitu gencarnya mau membebaskan Makassar dari penyakit TB,” tutup Indira. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button