NewsSulsel

Festival Budaya Iringi Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Saat ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba tengah mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang akan dipusatkan di kawasan Wisata Tanjung Bira pada 10-11 Agustus 2023.

Kementerian Dalam Negeri RI menunjuk Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bagian dari menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 78.

Puncak kegiatan akan dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten kota seluruh Indonesia.

Kabid Humas Pemda Bulukumba Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan pada kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga menggelar Festival Budaya Merah Putih untuk memeriahkan kegiatan nasional ini.

“Tujuannya untuk memperkenalkan budaya di Kabupaten Bulukumba kepada para tamu undangan dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Sentuhan Andi Herfida, PKK Bulukumba Raih Berbagai Prestasi

Pada puncak acara, Mendagri, lanjutnya akan di sambut secara adat di lokasi acara di lapangan Hitam Tanjung Bira. Begitu pula akan ada persembahan tarian kolosal yang di tampilkan oleh gabungan sanggar seni budaya di Kabupaten Bulukumba.

“Mendagri juga akan di jadwalkan berkunjung ke pusat pembuatan perahu Pinisi di Tanah Beru. Untuk melihat langsung aktifitas para Panrita Lopi dalam membuat perahu,” kata Andi Ulla sapaan akrabnya.

Selama di Bulukumba, Mendagri juga rencananya berkunjung ke kawasan Adat Ammatoa Kajang.

“Pihak pemangku adat Ammatoa Kajang sudah terkonfirmasi siap menerima kunjungan mantan Kapolri Tito Karnavian. Beliau akan di beri gelar adat oleh pemimpin adat Ammatoa,” ungkapnya.

Selama kegiatan berlangsung, juga akan ada pameran dan bazar UMKM. Baik itu produk kerajinan maupun kuliner di pasar Seni dan pelataran anjungan Tanjung Bira. Di samping itu akan ada acara hiburan live music performance, pertunjukan marching band dan pertunjukan colorguard.

Baca Juga: Dukung Pariwisata, Bolu Susu Bira Hadir di Bulukumba

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Kabupaten Bulukumba tentu terasa istimewa. Karena akan di laksanakan kegiatan nasional yang akan di hadiri oleh ribuan orang. Di harapkan kedatangan para tamu dari luar daerah ini menjadi multi player effect bagi ekonomi masyarakat.

Untuk menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali telah mengimbau seluruh masyarakat. Untuk menaikkan bendera dan memasang umbul umbul mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2023. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button