HiburanInternasionalMetroNewsPendidikan

Empat Negara Asing Pasang Stand di Festival F8 Makassar, Kenalkan Budaya hingga Peluang Beasiswa

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Puluhan stand mengisi pagelaran seni, budaya dan hiburan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang terbagi kedalam 4 zona. Di antaranya empat negara asing yang pasang stand di F8 Makassar memperkenalkan budaya negaranya dan tawarkan peluang beasiswa.

Tidak hanya diisi oleh booth Dinas Pemkot Makassar, kerajinan dari UMKM, serta kuliner lokal dan nasional. Tapi juga diramaikan oleh booth negara asing.

Sebanyak empat negara asing berpartisi memasang stand negaranya di Festival F8 Makassar, tepatnya di depan pintu masul main stage Zona 3 Anjungan Pantai Losari.

Baca Juga: Semangat Orang-Orang Bajeng Hadir di Event Internasional Makassar F8

Empat negara yang pasang stand di F8 Makassar tersebut di antaranya Jepang, Prancis, Australia, dan India. Masing-masing menawarkan konsultasi dan informasi mulai dari beasiswa seluruh tingkat pendidikan, budaya, sejarah, hingga makanan khas negaranya.

Konsulat Jenderal Jepang, Ohashi Koichi, menuturkan dia bangga mendapatkan kesempatan di Festival F8 ini, apalagi dirinya melihat mayoritas penunjung selama empat hari adalah pemuda-pemudi.

Hal itu memberinya kesempatan untuk dapat mengenalkan negara jepang lebih dalam. Ohashi mengungkapkan, dia pribadi menyasar para pelajar yang sebagai anak muda yang memiliki rasa ingin tahu.

Baca Juga: Makassar F8 Sajikan Pengalaman Belajar tentang Fauna yang Menginspirasi

“Saya sangat senang mendapat kesempatan ini, sasaran saya khususnya untuk kaum muda siswa dan mahasiswa, saya senang kebanyakan yang datang siswa-siswi, tadi saya ajar menulis kanji dan permainan Jepang,” katanya.

Berbagai konsultasi dia tawarkan. Di antaranya konsultasi beasiswa Pemerintah Jepang, Budaya Jepang. Seperti kaligrafi kanji dan permainan tradisional kendama hingga wisata jepang.

“Tugas saya sebagai konsulat untuk memperkenal budaya jepang kepada masyarakat makassar, informasi apa saja, ini kesempatan baik bagi saya di F8,” jelasnya.

Baca Juga: Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

Sejalan dengan Ohashi, Konsulat Jenderal Australia Alex Stephens, menjelaskan kehadiran booth negaranya. Sebagai tempat bagi masyarakat di Makassar khususnya pelajar, untuk menjawab seluruh pertanyaaan tentang Negara Australia.

Alex menuturkan, Australia sebagai negara tetangga seringkali di datangi oleh Pelajar Indonesia. Yang masih minim informasi di sektor tertentu.

Dia pun berterima kasih kepada Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto yang telah mengundangnya berpartisipasi di Festifal F8 ini.

“Kadang-kadang ada orang Indonesia ke Asutralia, dan banyak juga yang belum kenal Australia. Mereka sangat penasaran seperti makanan australia juga informasi beasiswa kami. Negara Australia sahabat Indonesia, terimasih Pak Danny,” tutur Alex.

Baca Juga: Film Mochi Jadi Magnet Pengunjung Zona 1, Konsuler Jepang: Terima Kasih F8 Makassar

Australia sendiri menawarkan beragam informasi mulai dari infomasi beasiswa dari Pemerintah Autralia, informasi tourism. Serta gratis coba kue lamington kue khas Australia. Alex bahkan senantiasa berdiri di depan tenannya menyapa ramah pelajar mulai dari tingkat SD hingga Mahasiswa.

Lanjut dua negara lainnya ialah Prancis, yang menyediakan layanan gratis konsultasi pendidikan dan beasiswa Prancis, gratis makanan khas Prancis. Dan ruangan fotobooth ala majalah fashion yang menggambarkan Prancis sebagai pusat fashion dunia.

Serta informasi wisata negara India, bahan makanan pokok India yaitu little miller. Pernak pernik, turban, jenis cendramata. Hingga buku tebal berupa enskilopedia yang berisi seluruh informasi umum Negara India. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button