EkonomiMetroNews

Aktivitas Perekonomian Kabupaten Gowa Positif di 2022

GOWA, NEWSURBAN.IDAktivitas perekonomian Kabupaten Gowa pada tahun 2022 kemarin menunjukkan angka positif jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu berdasarkan dengan pemaparan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Abdul Hafid pada Forum Konsultasi Publik RKPD 2024 kemarin.

Ia mengungkapkan mulai dari pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, begitupun dengan angka kemiskinan, gini ratio, dan tingkat pengangguran terbuka menunjukan tren penurunan di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Indikator makro pembangunan Kabupaten Gowa tahun 2022 kemarin menunjukkan kondisi yang cukup baik, seperti pertumbuhan ekonomi kita yang meningkat pesat dari 1,76 persen menjadi 7,26 persen atau urutan tertinggi kedua di Sulawesi Selatan, yang bahkan sejak tahun 2011-2021 ekonomi Gowa selalu lebih tinggi dari pertumbuhan nasional,” ungkapnya.

Baca Juga : KPK Turun Tangan Selidiki Dugaan Korupsi di PT Taspen

Abd Hafid mengaku, capaian ekonomi ini di tunjang dengan tren positif yang di tunjukkan oleh beberapa hal seperti penduduk miskin Gowa yang turun dari 7,54 persen menjadi 7,36 persen, gini rasio yang sebelumnya 0,358 poin di tahun 2021 menjadi 0,320 poin di tahun 2022, dan tingkat pengangguran terbuka dari 4,30 persen menjadi 3,26 persen.

“Penduduk miskin kita turun 0,18 persen yang sebelumnya 7,54 persen menjadi 7,36 persenย  di tahun 2022 ini sehingga Gowa berada diperingkat enam terendah kemiskinannya, sementara Gini Ratio Gowa sejak tahun 2015 berada di bawah angka Sulsel, sedangkan tingkat pengangguran terbuka Gowa juga mengalami penurunan,” sebut Abd Hafid.

Tak hanya itu, dari aspek kualitas hidup masyarakat Kabupaten Gowa Tahun 2022 masih menunjukkan tren positif. Berdasarkan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2021 sebesar 70,29 poin naik menjadi 70,99 poin di tahun 2022.

“Angka IPM ini memberikan gambaran komprehensif mengenai tingkat pencapaian pembangunan manusia sebagai dampak dari kegiatan pembangunan yang di lakukan oleh suatu daerah, sehingga semakin tinggi nilai IPM suatu daerah menunjukkan pencapaian pembangunan manusia yang semakin baik,” tambahnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Buka Forum Konsultasi Publik RKPD 2024

Sementara, Kepala Bappeda Gowa, Sujjadan mengatakan di masa kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni ini perekonomian Kabupaten Gowa terus mengalami peningkatan yang positif.

Sehingga berdasarkan capaian tersebut, sesuai dengan tema pembangunan di tahun 2024 yaitu percepatan pemulihan ekonomi dan sosial serta di dukung dengan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan maka pemerintah Kabupaten Gowaย  memprioritaskan pembangunan daerah yang di bagi dalam enam prioritas yaitu sumber daya manusia, ekonomi, pariwisata, infrastruktur, sosial, dan pemerintahan yang berkolerasi terhadap isu-isu dan program strategis nasional.

“Kita telah menyusun target-target di tahun 2024 sesuai dengan fokus program di tahun itu. Semoga capaian-capaian positif yang di raih hingga saat ini bisa di pertahankan. Dan target yang kita tentukan untuk tahun 2024 mendatang mampu di raih dengan kolaborasi dan kerjasama,” harap Sujjadan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button