MetroNews

Kick Off Bank Sampah Kampus, Unhas Teken Dua MoU

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Teken nota kerjasama dengan dua lembaga pengelola sampah, Unhas juga melakukan Kick Off Bank Sampah Kampus, di Kampus Unhas Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/2/2023).

Ini merupakan upaya Unhas dalam mengembangkan studi kebijakan yang mendukung pelaksanaan pencapaian SDGs. Serta mendukung secara akademis pengembangan berbagai indikator, ternyata bukan isapan jempol belaka.

Terbukti dengan akan hadirnya pengelolaan sampah TPS 3R an bank sampah di dalam kampus Unhas Tamalanrea.

Kick Off Pengelolaan sampah tersebut di lakukan secara langsung oleh wakil rektor IV Unhas, Prof. DR. Ir. Adi Maulana di Ex. farm Unhas Fakultas Pertanian kampus Unhas Tamalanrea.

Dalam sambutannya, Prof Adi mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan arahan rektor Unhas agar merealisasikan apa yang menjadi tujuan dari perguruan tinggi.

“Apalagi Unhas baru baru ini mendapatkan penghargaan peringkat kedua SDGs dia tas satu tingkat dari Universitas Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Bangkitkan UMKM, IKA UNHAS, Gelar Business Matching

Prof. Adi juga berharap setiap tujuan dari SDGs diharapkan dapat terintegrasi di kegiatan pengajaran di masing-masing bidang ilmu yang ada di kampus Unhas.

Sementara itu, direktur bank sampah dan TPS 3R kampus Unhas Tamalanrea, Dr.Ir. Irwan Ridwan mengatakan program TPS 3R dan bank sampah ini nantinya akan menjalankan 3 hal.

Pertema, pengelolaan sampah organik dan an organik melalui bank sampah, pengolahan sampah organik dengan teknologi.

Kedua, bank sampah dan TPS 3R ini nantinya bisa menjadi tempat penelitian bagi masiswa S1, S2 dan S3.

Ketiga adalah bank sampah ini nantinya bisa menjadi tempat pembelajaran. Dan rujukan dari semua stakeholder yang ingin belajar tentang pengelolaan sampah yang terintegrasi.

Dalam kegiatan tersebut juga Wakil Rektor IV, Prof. Adi Maulana dan Yayasan Peduli Negeri menandatangani nota kerja sama. Penandanganan ini,disakikan langsung Saharuddin Ridwan dalam hal pendampingan program pengelolaan sampah yang terintegrasi.

Selain dengan yayasan Peduli Negeri, Unhas melalui bank sampah unit kampus juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Bank Sampah Pusat Kota Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Usai kick off, Prof. Adi didampingi Shintani Naoyuki (penasihat kebijakan pembangunan Daerah untuk Sulawesi); Perwakilan PP IKA Unhas; Perwakilan dari wali amanat; dan beberapa dekan serta perwakilan dari pusat pengelolaan eco region Sulawesi Maluku mendengarkan penjelasan dari Dr. Irwan tentang flow chart pengelolaan sampah dan jenis sampah yang akan dibeli oleh bank sampah kampus. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button