EkonomiMetroNasionalNews

Dekranasda Makassar Pamerkan Produk Unggulan UMKM di Inacraft 2024

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar pamerkan sejumlah produk UMKM unggulan dalam International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 28 Februari – 3 Maret 2024. Ini menunjukkan eksistensi Dekranasda Makassar ikut pamerkan produk unggulan UMKM di Inacraft.

Stand Dekranasda Kota Makassar di event itu, kembali memukau dengan memamerkan ragam produk unggulan dari perajin binaan. Acara yang merupakan pameran produk kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara ini menyajikan beragam keindahan dan kekayaan budaya dari berbagai negara dan daerah, termasuk Kota Makassar.

Dalam partisipasinya, Dekranasda Kota Makassar memamerkan sejumlah produk andalan seperti kain tenun, baju lontar, baju bodo, sarung lagosi, sutera, dan perhiasan pengantin.

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas UMKM, Dekranasda Makassar Gelar Pelatihan

Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail mengaku sangat bangga dapat terlibat dalam kegiatan ini. Dia menyatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi salah satu pintu untuk membawa produk lokal Kota Makassar menuju pasar global.

Tercatat, ada sekitar 1.500 UMKM yang turut serta dalam pameran ini. Termasuk peserta luar negeri yang bertempat di Plenary Hall seperti Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara yang hadir dalam Paviliun AHPADA.

“Kami sangat bangga dapat berpartisipasi kembali dalam INACRAFT 2024 dan mempersembahkan beragam produk unggulan dari Kota Makassar. Apalagi kegiatan ini juga diikuti berbagai negara,” ucap Indira, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga: Perluas Wawasan Trend Kerajinan, Dekranasda Makassar Studi Tiru di Sentra UKM Surabaya

INACRAFT tahun ini juga menjadi ajang bertemunya 70 pembeli internasional serta 133 peserta kategori eksportir dan siap ekspor dengan.

Selain itu, dengan target 100.000 pengunjung dan transaksi retail hingga Rp100 miliar. Serta kontrak dagang yang-ditarget mencapai 12 juta dollar AS. Inacraft 2024 di harapkan membawa harapan besar bagi pengembangan industri kerajinan.

Produk-produk yang-dipamerkan oleh Dekranasda Kota Makassar pun berhasil memikat perhatian. Serta menarik minat pengunjung untuk membeli hasil karya UMKM binaan.

Baca Juga: Dorong Pengembangan UMKM Kriya, Ketua Dekranasda Makassar Dukung Penyelenggaraan Pameran Kriyanusa 2023

Keterlibatan Dekranasda Makassar dan UMKM binaannya di Inacraft 2024 ini tidak hanya mengukuhkan eksistensi produk lokal. Tetapi juga membuka peluang lebih luas di pasar global bagi industri kerajinan tangan lokal Kota Makassar.

“Kami berharap dapat meningkatkan eksposur produk lokal. Serta membuka peluang lebih luas di pasar global untuk kesejahteraan UMKM kita di Makassar,” pungkas Indira.

Tak hanya memamerkan produk UMKM, Dekranasda Makassar juga menampilkan tarian Makkareso yang-dibawakan langsung oleh Yayasan Anging Mammiri. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button