NewsSulsel

Bulukumba Terima Sertifikat Bebas Frambusia dari Menteri Kesehatan

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Kabupaten Bulukumba terima penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berupa Sertifikat Bebas Frambusia.

Sertifikat itu-diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Amrullah dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam acara Hari NTD Sedunia 2024 (Neglected Tropical Diseases), yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu 6 Maret 2024.

Dari 416 Kabupaten/Kota yang masuk dalam penilaian, ada 99 Kabupaten/Kota-dinyatakan bebas Frambusia, salah satunya Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Kedua Kalinya, Bupati Bulukumba Andi Utta Terima Piala Adipura

Frambusia itu sendiri adalah penyakit infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang dan sendi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan, saat ini terdapat beberapa penyakit Frambusia yang menjamur di beberapa daerah. Untuk itu, pihaknya menargetkan pada tahun 2027 Indonesia harus menjadi negara di regional Asia Tenggara yang bebas penyakit Frambusia.

Menurut Menkes Budi Gunadi, harus ada kolaborasi dan sinergitas dari seluruh pihak baik dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri, serta masyarakat untuk berperan aktif melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit Frambusia.

Baca Juga: Lintas Komunitas hingga Pelajar di Bulukumba Ikut Aksi Bersih-Bersih

“Kami memberikan sertifikat ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada daerah-daerah yang telah bebas Frambusia agar kabupaten/kota lain tentunya bisa termotivasi dalam upaya pencegahan penyakit Frambusia ini,” ungkap Budi Gunadi.

Kadis Kesehatan dr Amrullah mengungkapkan kolaborasi seluruh pihak di Butta Panrita Lopi membuat Bulukumba-dinyatakan bebas Frambusia. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada pimpinan daerah yang terus menekankan penting menjaga kesehatan masyarakat utamanya pada aspek preventif.

Amrullah juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan penekanan kasus Frambusia selama ini.

Dia mengatakan, penyakit menular ini, sangat berkaitan dengan perilaku atau pola hidup sehat masyarakat. Maka semua elemen masyarakat harus tetap menjaga kebersihan lingkungan serta menerapkan perilaku hidup bersih.

Baca Juga: BI Paparkan Hasil Kajian Cold Chain Perikanan di Bulukumba

“Kita berkomitmen untuk dapat mempertahankan status Bulukumba bebas dari penyakit Frambusia,” pintanya.

Tidak hanya itu, pihaknya akan terus berupaya menuntaskan penyakit menular lainnya dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Bulukumba yang sehat.

Diketahui tujuan dari Hari Penyakit Tropis Terabaikan (NTD) Sedunia adalah untuk meningkatkan profil penyakit tropis yang terabaikan. Penderitaan yang di timbulkan dan untuk menggalang dukungan terhadap pengendalian, pemberantasan. Dan pemberantasan penyakit tersebut, sejalan dengan target program yang-ditetapkan dalam peta jalan NTD 2021-2030. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button