NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Resmi Terbentuk, Saka Adhyasta Pemilu Diharap Tingkatkan Partisipasi Pemilih

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Kabupaten Bulukumba resmi dilantik? Pelantikan dipimpin langsung Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba Andi Edy Manaf, di Kantor Bawaslu Bulukumba, Rabu 1 November 2023.

Ketua Bawaslu Bulukumba sekaligus sebagai Majelis Pembimbing Saka, Bakri Abubakar dalam sambutannya menjelaskan jika Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu (Saka Adhyasta Pemilu) adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu.

“Pembentukan Saka-Adhyasta-Pemilu menjadi tugas Bawaslu, karena ini bagian dari pencegahan dan pengembangan pengawasan partisipatif. Sehingga dengan lahirnya Saka-Adhyasta-Pemilu ini di harapkan menjadi simpul gerakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2024 mendatang,” ungkapnya.

Baca Juga: Buka Lomba HKN, Bupati Andi Utta Minta Komitmen Nakes Turunkan Angka Stunting di Bulukumba

Lebih lanjut dia katakan partisipasi yang di maksud bukan hanya sekedar datang ke TPS menyalurkan hak pilih. Akan tetapi partisipasi dalam melakukan pengawasan. Sehingga dengan adanya Saka Adhyasta Pemilu di harapkan menjadi sekolah demokrasi bagi pemilih pemula di Kabupaten Bulukumba. Agar dapat memaksimalkan sosialisasi dan pendidikan politik.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bulukumba, Andi Edy Manaf mengajak kepada pengurus Saka-Adhyasta-Pemilu yang baru-dilantik untuk mengejewantahkan karakter Pramuka. Dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pelaksanaan pemilu ke depannya.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Launching Aksi Perubahan 32 Peserta Latpim

Pembentukan Saka-Adhyasta-Pemilu sebagai bentuk kepedulian gerakan Pramuka, bagaimana strategi dan inovasi Bawaslu dalam menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

“Kami dari Pemerintah mengucapkan apresiasi di bentuknya Saka-Adhyasta-Pemilu dalam mengawal Pemilu lebih baik ke depannya. Sehingga dengan hadirnya Saka Adhyasta Pemilu di harapkan dapat memberikan pembekalan kepada anggota Pramuka. Khususnya pemilih pemula dan pemilih millennial untuk dapat memaksimalkan pendidikan politik. Sehingga pemilih kita dapat terhindar dari berita bohong dan praktik politik uang.” pungkasnya.

Melalui Saka-Adhyasta-Pemilu, tambahnya anggota Pramuka di harapkan dapat menyasar generasi milennial dan generasi Z untuk bersama mengawal pemilu yang berkualitas,” bebernya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button