MetroNews

Bupati Andi Utta Bersama Gubernur dan Beberapa Kepala Daerah Kunker ke Australia

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama beberapa kepala daerah termasuk Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf melakukan kunjungan kerja ke Australia.

Dalam kunjungan kerja ini Gubernur di dampingi kepala daerah memaparkan sejumlah potensi sumber daya alam yang di miliki Sulawesi Selatan di Australia.

Hal itu di sampaikan saat melakukan pertemuan dengan pihak I2I Development Global di Melbourne, Australia, Senin 13 Maret 2023.

I2I Development Global adalah sebuah organisasi bisnis global yang di miliki penduduk asli (Aborigin).

Baca Juga : Hadianto Rasyid Minta Perencanaan Pembangunan Kota Palu 2024 Memperhatikan Masukan Masyarakat

Di hadapan Gubernur Sulsel, pihak I2I Development Global menyampaikan, peluang untuk berinvestasi di Sulsel. I2I Development Global secara khusus tertarik untuk meningkatkan kapasitas layanan kesehatan Pemerintah Daerah.

“Kami menyambut baik rencana investasi tersebut. Kita sangat terbuka untuk peluang investasi di Sulawesi Selatan,” kata Gubernur Sulsel.

“Kami hanya berharap, para investor tidak menimbulkan kerusakan lingkungan, serta dapat memberi pemanfaatan tenaga dan sumber daya lokal yang tinggi (Local Content),” tambahnya.

Gubernur termuda di Indonesia ini, menyebutkan, bahwa Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat banyak dan variatif.

“Di antaranya sektor pariwisata, energi, pertanian, perikanan, peternakan, dan sebagainya,” sebutnya.

Kunjungan kerja ini, merupakan balasan dan follow-up kunjungan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese MP tahun lalu.

“Sejumlah agenda kami lakukan di Australia. Di antaranya memperkuat kerjasama yang terjalin antara Sulsel dengan Australia,” pungkasnya.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar 2023 Ditutup, Fatmawati Rusdi: Seluruh OPD Harus Terus Berkolaborasi

Dalam pertemuan itu, Gubernur Andi Sudirman didampingi oleh Bupati Bulukumba, Maros, Bupati Jeneponto, Bupati Bantaeng, Pj Bupati Takalar, dan Bupati Wajo.

Untuk diketahui kunjungan kerja ini berdasarkan surat dari Direktur Eksekutif Australia-Indonesia Centre (AIC), Dr Eugene Sebastian, PhD. Rombongan Gubernur dan para bupati berada di Australia dari tanggal 13 sampai 17 Maret 2023.

Kerjasama ini sudah berlangsung lebih dari tiga tahun bermitra dengan Pemerintah Sulawesi Selatan untuk menghasilkan penelitian interdisipliner.

AIC dan Pemerintah Sulawesi Selatan memiliki tujuan bersama untuk menggunakan data dari penelitian dalam pembuatan kebijakan. Untuk meningkatkan hasil bagi masyarakat dan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan jangka panjang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button