Hadirkan Dinas Pertanian, Legislator Ridwan Basatu Serap Aspirasi Warga Petobo

PALU, NEWSURBAN.ID — Anggota DPRD Kota Palu Ridwan H Basatu melanjutkan reses di Kelurahan Petobo menghadirkan perwakilan Dinas Pertanian Kota Palu. Ridwan Basatu memanfaatkan momentum ini menyampaikan langsung aspirasi warga Petobo soal bantuan pertanian kepada instansi terkait yang hadir.

Reses hari keempat di Jl. Nambo Kelurahan Petobo, Rabu (15/3/2023) ini, sejumlah warga Kelurahan Petobo yang hadir kembali menyampaikan aspirasinya dan Dinas Pertanian mendengar langsung.

Hadir pada reses ini, selain perwakilanDinas Pertanian, juga sejumlah pengurus Masjid, pegawai syara. Tokoh masyarakat, tokoh pemuda, RT dan RW, dewan adat dan warga lainnya.

Baca Juga: Warga Petobo Minta ke Anggota Dewan Ridwan Basatu Perjuangkan Bantuan Modal Usaha Merata

Aspirasi warga Petobo antara lain, bantuan untuk fasilitas Masjid serta insentif untuk pegawai Syara.

Selain itu, perbaikan jalan termasuk pengaspalan, bantuan peralatan untuk usaha. Bantuan pertanian, penerangan jalan dan sejumlah hal lainnya.

Sejumlah warga juga menyampaikan aspirasinya secara tertulis.

Ridwan H Basatu yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palu langsung menanggapi aspirasi warga tersebut. Ia menyampaikan bahwa sudah ada anggaran untuk kebutuhan fasilitas Masjid. Dananya melalui Bagian Kesra Setda Kota Palu. Setiap masjid anggarannya sebesar Rp20 juta.

Baca Juga: Reses di Petobo, Anggota DPRD Palu Ridwan Serap Keluhan Warga Soal Air Bersih dan Infrastruktur

“Jadi silahkan setiap masjid membuat proposal. Kebutuhannya di dalam masjid apa saja, apakah untuk sound system, karpet ataukah pengecatan masjid. Silakan ajukan proposalnya ke Bagian Kesra Setda Kota Palu,” jelas Ridwan.

Namun demikian pihak Kesra akan mengidentifikasi masjid mana saja yang perlu mendapatkan bantu. Bantuan kata dia, pihak Kesra akan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Begitu juga soal insentif pegawai syara. Meski dananya ada, pihak Kesra akan melakukan verifikasi untuk mendapatkan insentif.

Menurut Ridwan bantuan yang warga inginkan sudah terealisasi. Karena itu, ia sangat mengharapkan agar setidaknya pihak pengurus masjid selalu selektif dalam memilih siapa siapa saja yang mereka percayakan sebagai pegawai Syara.

Baca Juga: Hadirkan Dua Dinas, Legislator Ridwan Basatu Serap Aspirasi Warga Pengawu Palu

“Dan mereka harus melaporkan ke kelurahan, kecamatan dan ke bagian Kesra. Biar nama namanya jelas dan telah tercatat,” ujarnya.

Untuk bantuan peralatan usaha dan permodalan melalui kelompok, ia silakan warga ajukan permohonan ke kantor kelurahan terlebih dahulu. Sehingga pihak kelurahan segera menindaknjuti ke instansi terkait.

Soal perbaikan sarana jalan termasuk pengaspalan dan penenrangan jalan, kata dia, semuanya sudah ada anggaran. Dan dalam waktu yang tidak terlalu lama di tahun ini juga pengerjaannya akan segera terealisasi di wilayah Kelurahan Petobo. (ysf)

Exit mobile version