Bencana AlamNewsSulsel

Sungai Mallaulu Luwu Timur Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Intensitas hujan tinggi di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan mengakibatkan puluhan rumah di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur terendam banjir.

Banjir ini lantaran meluapnya sungai Mallaulu di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sabtu 01 April 2023, pada pukul 23.00 malam.

“Benar, rumah warga di sini teredam banjir. Karena meluapnya sungai Mallaulu,” ungkap salah satu warga terdampak Kafrawi Husain, Minggu 02 April 2023.

Ketinggian air masuk di rumah warga setinggi lutut dewasa. Kata Kafrawi belum bisa memastikan berapa jumlah rumah di Ussu terdampak banjir saat ini.

Ketinggian Air masuk dalam pemukiman warga setinggi lutut orang dewasa
Ketinggian Air masuk dalam pemukiman warga setinggi lutut orang dewasa
Baca juga: BBWS Pompengan Jeneberang Normalisasi Kanal dan Sungai, Minimalkan Dampak Banjir di Makassar

“Kalau rumah di perumahan Bumi Batara guru sekitar 70 KK. Kalau di-luar kompleks tidak bisa memastikan dan menginfokan berapa jumlah warga keseluruhan terdampak banjir,” ujarnya.

Kafrawi mengatakan banjir ini terjadi diakibatkan derasnya hujan mulai pukul 20.15 malam sampai 23.00 Wita. “Sekarang ini airnya sudah mulai surut,” katanya.

Selain itu ruas jalan poros Malili sempat lumpuh. Bahkan beberapa pohon tumbang di jalan akibat deras air sungai.

Baca juga: Respons Banjir Makassar, ARA Minta Anggota DPR Dapil Sulsel I Turun Membantu

Sebelumnya, BMKG Luwu Raya memberikan peringatan dini cuaca di pada 01 April 2023 pkl 23:00 WITA. Di Luwu Timur berpotensi terjadi Hujan sedang dan lebat yang dapat di-sertai kilat atau petir dan angin kencang.

Beberapa kecamatan di antaranya, Mangkutana, Malili, Angkona, Wotu, Tomoni, Tomoni Timur, Kalaena, Wasuponda, dan sekitarnya.

Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur. Hingga berita ini di muat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button