MetroNewsNusantaraPendidikan
Trending

Prof Jamaluddin Jompa Rangkul Pesaingnya, Djusman AR: Beliau Cermat dan Demokratis

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID β€” Pasca dilantik sebagai Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa merangkul pesaingnya pada Pemilihan Rektor beberapa waktu lalu. Hal itu terlihat pada struktur β€œkabinetnya”.

Pada jabatan Wakil Rektor, ada nama Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum yang sebelumnya juga maju sebagai calon rektor dan lanjut pada pemilihan tingkat senat.

Mantan Dekan Fakultas Hukum Unhas itu, mengisi posisi sebagai Wakil Rektor Unhas Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem informasi.

Sebelum-diangkat sebagai Wakil Rektor, Prof. Farida menjabat sebagai: Sekretaris Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukun; Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum; dan Dekan Fakultas Hukum.

Baca Juga: Raih 11 Suara WMA, Prof Jamalauddin Jompa Rektor Unhas 2022-2026

Rival lainnya adalah Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M(K), M.MedEd yang menduduki sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas.

Sementara Prof Restu yang juga rival Prof JJ pada pemilihan Rektor Unhas adalah Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP. Kini, ia ditunjuk sebagai Dekan Fakultas Vokasi.

Rival lainnya yang masuk dalam kabinet Prof JJ sapaan akrab Prof Jamaluddin Jompa, ada Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D. Jabatannya Sekretaris Unhas.

Sumbangan Baja sebelumnya menjabat sebagai: Ketua Jurusan ilmu Tanah Fakultas Pertanian Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Wilayah, Tata Ruang dan Informasi Spasial; Kepala Laboratorium Tata Guna Lahan dan Informasi Geospasial Fakultas Pertanian; Dekan Fakultas Pertanian; dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur.

Baca Juga: Prof Jamaluddin Jompa Jadi Rektor Unhas 2022-2026, Plt Gubernur: Selamat Semoga Amanah

Selain itu, Wakil Rektor yang mengisi kabinet Prof JJ adalah Prof. Muhammad Ruslin. Ia menduduki Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswan.

Sebelumnya, Prof Muhammad Ruslin menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut dan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi.

Kemudian, Prof. Subehan, S.Si.,M.Pharm.,Sc.,Ph.D.,Apt., sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan. Sebelumnya, Ia menduduki posisi sebagai: Ketua Konsentrasi Teknologi Laboratorium Kesehatan, Fakultas Farmasi; Ketua Program Studi Magister Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi; Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi, Fakultas Farmasi; dan Dekan Fakultas Farmasi.

Baca Juga: Tiga Calon Rektor Unhas Terpilih di Pemilihan Senat, Siapa Dapat Restu Menteri Nadiem?

Selanjutnya, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana,diangkat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisinis. Jabatan sebelumnya, Kepala Pusat Studi Kebencanaan Unhas; Kepala Laboratorium Geologi Lapangan Fakultas Teknik; dan Ketua Program Studi Magister Manajemen Bencana Sekolah Pascasarjana.

Tanggapan Alumni

Sementara itu, seorang alumni Unhas, Djusman AR merespons langkah Prof JJ merangkul pesaingnya mengisi kabinet di Unhas. “Sikap Rektor Prof JJ merangkul pesaingnya pada saat pilrek adalah suatu kebijakan cermat dan demokratis. Yang artinya Prof JJ memperlihatkan kesungguhan atas niatnya untuk lebih mengembangkan atau memajukan unhas,” katanya.

“Hal lain tentu karena Prof JJ menilainya bahwa semua pesaingnya yang-dirangkul pada kabinetnya memiliki kompetensi SDM yang luar biasa,” tambahnya.

“Setelah terpilih sebagai Rektor tentu tidak berpikir lagi soal saing-bersaing tapi bagaimana duduk bersama memimpin dan memajukan kampus tercinta,” imbuhnya.

“Saya sebagai alumni yang juga mantan Ketua Forum Mahasiswa Pascsarajana (MACASAR) Unhas 2002-2004 tentu akan senantiasa mengsupport segala langkah kebijakannya yang menganut prinsip proporsional, bertanggungjawab dan akuntabilitas. Bagi saya Pak Rektor adalah pribadi yang low profile dan tidak eksklusif berinteraksi dengan siapa pun. Saya mengenalnya bukan baru sekarang tetapi saat saya masih menempuh pendidikan di pascasarjana tahun 2002,” jelasnya.

“Beliau akademisi yang cair dan mencerahkan-diajak berdiskusi dan pastinya Ia memang cerdas gemilang,” katanya. (cr/*)

Prof Jamaluddin Jompa Rangkul Pesaingnya, Djusman AR: Beliau Cermat dan Demokratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button