NewsSulsel

Pj Gubernur Bahtiar Serahkan Bantuan Alat Perajang Pisang untuk Kecamatan Mare

BONE, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin serahkan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone. Penyerahan dilakukan di sela peninjauan lahan budidaya pisang Cavendish, di Desa Batugading, kemarin, Rabu, 13 Maret 2024.

Alat pencacah ini di ciptakan Politeknik Akademik Teknik Industri (ATI) Makassar. Mesin ini mampu mengolah pisang 150-200 kg per jam.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas PMD Sulsel, Dr. Andy, mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya, dengan memberikan bantuan bibit dan juga alat produksi.

Baca Juga: Inseminasi Buatan di Tellu Siattinge Bone, Pj Gubernur Sulsel Pastikan Program Sampai ke Masyarakat

“Untuk Kecamatan Mare ini, untuk masyarakat yang memiliki usaha kripik pisang kita berikan alat pencacah atau perajam pisang yang lebih modern, bekerjasama dengan Akademi Teknik Industri Makassar,” katanya saat dampingi Pj Gubernur Bahtiar serahkan bantuan alat perajang pisang.

Dengan adanya bantuan ini, ia yakin akan memudahkan para pelaku UMKM keripik pisang untuk lebih bisa mempercepat dan memperbanyak produksi karena sudah menggunakan listrik dan alatnya juga sederhana tepat guna.

“Tentunya masyarakat pemakai nanti bisa produksi dan kualitasnya bisa lebih bagus. Insya Allah ke depan ini bisa meningkatkan taraf hidup kelompok yang menerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Dorong Skala Industri, Pj Gubernur Bahtiar Galakkan Penanaman 2 Juta Pohon Nangka Madu di Sulsel

Camat Mare Andi Muhammad Hidayat Pananrangi saat menerima bantuan tersebut menyatakan rasa syukurnya. “Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur dengan berbagai macam bantuan yang di berikan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga di serahkan berbagai jenis bibit hortikultura, seperti semangka. “Ini akan kita alokasikan ke masing-masing desa berdasarkan kebutuhan lahan, karena ada berbagai macam lahan,” jelasnya.

Di ketahui, Kecamatan Mare merupakan lokasi pembibitan pisang Cavendish. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button