NewsSulsel

Peringati Hardiknas, Jajaran Pemda Bulukumba Kenakan Pakaian Adat Hitam

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID Pemerintah Kabupaten Bulukumba melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Di pimpin Wakil Bupati Andi Edy Manaf, ratusan guru dan siswa hadir sebagai peserta upacara di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Selasa 2 Mei 2023.

Hari Pendidikan Nasional di peringati setiap tanggal 2 Mei, berdasarkan tanggal lahir Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Hardiknas tahun 2023 mengambil tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Pada upacara Hardiknas tahun ini, seluruh peserta dan undangan kompak mengenakan pakaian adat hitam. Warna hitam identik dengan adat budaya lokal Bulukumba yaitu adat Ammatoa Kajang.

Baca Juga : Momentum Hardiknas, Wabup Gowa Harap Para Guru Lebih Berinovasi dalam Menerapkan Pembelajaran

Wabup Edy Manaf mengenakan pakaian adat Ammatoa lengkap yang di tandai dengan sarung Kajang dan Passapu (penutup kepala). Selaku inspektur upacara Edy Manaf membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Pada momentum tersebut, mantan legislator provinsi ini juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada ASN guru. Di antaranya penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Selain itu ada penghargaan kepada stakeholder yang berperan pada program Percepatan Penanganan Anak Tidak Sekolah, program Sekolah Adiwiyata. Serta penyerahan santunan klaim BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris.

Dalam sambutan seragamnya, Menteri Nadiem Anwar Makarim, mengatakan para Guru sekarang berlomba-lomba. Untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu guru-guru yang dulu di ikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Baca Juga : Hadiri Upacara Hardiknas, Wakil Wali Kota Makassar Harap Pendidikan Mencetak Generasi Cerdas

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi. Seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang fokus pada mengatur kemampuan literasi dan bernalar.

“Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah di hadapi. Juga setiap jengkal langkah berani yang sudah di ambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir,” kata Nadiem pada sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Edy Manaf

Turut hadir pada upacara Hardiknas, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD H. Safiuddin dan Sekda Muh Ali Saleng.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button