MetroNews

Herfida Attas Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf membuka secara resmi Workshop Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat (TGM) di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Bulukumba, Selasa, 9 Mei 2023.

Workshop ini, dirangkaikan dengan pengukuhan Andi Herfida Attas sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bulukumba Masa Bakti 2023-2026.

Usai dikukuhkan, Herfida Attas dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya selaku Bunda Literasi Kabupaten Bulukumba.

“Tentu kepercayaan dan amanah ini akan menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan pengabdian, serta sumbangsih dalam rangka pembangunan kualitas SDM Bulukumba, melalui Gerakan Literasi,” katanya.

Baca Juga : Adik Kandung Bupati Jeneponto Meninggal Dunia, Danny Pomanto Melayat ke Rumah Duka

Menurutnya, membaca dapat meningkatkan kemampuan seseorang tidak hanya secara kognitif, namun juga afektif.

Membaca tidak hanya meningkatkan intelektualitas, namun juga meningkatkan kualitas emosional, sehingga dapat menjadi pribadi yang matang, terutama dalam menghadapi tantangan era globalisasi dan keterbukaan saat ini.

“Saya juga melihat di beberapa negara maju, yang utama dalam membentuk anak-anak sampai usia 7 tahun adalah pembentukan karakter,” jelas Andi Herfida, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba.

Ke depan, katanya, pihaknya akan mendorong lahirnya taman-taman baca di berbagai tempat, misalnya di ruang-ruang publik, bahkan kantor-kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kita harap di semua OPD ada tempat-tempat membaca, minimal bacaan tentang regulasi di OPD tersebut,” urai Andi Herfida, yang juga Kadis Kebudayaan Kota Makassar.

“Beberapa taman di Bulukumba juga, belum terkelola dengan baik. Nah, ke depan ini bisa dimaksimalkan untuk tempat membaca,” sambungnya.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Bulukumba, Andi Sri Arianti berharap melalui Workshop dan pengukuhan Bunda Literasi, dapat meningkatkan minat membaca masyarakat.

“Bunda, mohon dukungan dan supporta untuk meningkatkan minat baca, khususnya kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Diketahui, workshop ini mengusung tema: Penguatan Peran Perpustakaan dalam Peningkatan IPLM dan TGM menuju SDM Unggul dan Berdaya Saing’.

Baca Juga : Segera Lanjut Jalan Antang, Rahman Pina: Terima Kasih Pak Gubernur

Andi Utta sapaan akrab Bupati berharap Bunda Literasi yang baru saja dikukuhkan dapat mendorong Gerakan Literasi di Kabupaten Bulukumba agar lebih meningkat dan semakin baik, khususnya dari kalangan generasi muda, guna mewujudkan Sumber Daya Manusia Bulukumba yang lebih Unggul dan Berdaya Saing.

“Budaya literasi merupakan salah satu prasyarat dalam melahirkan generasi emas. Generasi yang gemar membaca, dan gemar mencari ilmu adalah generasi yang siap menghadapi tantangan global masa depan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Bulukumba H Rijal, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Andi Parenrengi, Ketua Komisi A DPRD Bulukumba Andi Pangeran Hakim, Ketua KSP Berkat Andi Makkasau, sejumlah pimpinan OPD, Kepala Sekolah, pimpinan Perguruan Tinggi, Perbankan, pegiat literasi, dan taman baca, serta beberapa siswa SMA dan SMP.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bulukumba juga menyerahkan Sertifikat Penghargaan kepada beberapa pegiat literasi Bulukumba.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button