MetroNews

Ketua TP PKK Makassar Buka Festival Pangan Olahan Pisang

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail hadir membuka Festival Pangan Lokal (Olahan Pisang) yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) berkolaborasi dengan TP PKK Makassar di Atrium Tokyo Mall Phinisi Point, Rabu (6/12/2023).

Festival lomba masak menu pisang ini diikuti oleh perwakilan pengurus TP PKK dari 15 kecamatan se-Kota Makassar. Peserta diminta kreatif menciptakan menu makan pagi, siang dan malam yang enak dan bergizi dari olahan pisang.

Pemerintah Kota Makassar melalui kegiatan ini ingin mensosialisasikan dan mendorong pisang sebagai komoditas penunjang ketahanan pangan masyarakat.

Baca Juga: Semarak Hari Ibu 2023, Ketua TP PKK Makassar Buka Kampanye SADARI dan IVA

“Harapan kita bisa mengedukasi masyarakat menciptakan menu yang bergizi dan berimbang,” ujar Indira.

Juga, lanjut Indira, untuk mengedukasi Masyarakat pentingnya mengkomsumsi makanan bergizi dan menciptakan pola makan sehat.

Sehingga, intervensi penurunan stunting dengan memanfaatkan pangan lokal dapat mengantarkan Makassar lebih cepat menuju Zero stunting.

Baca Juga: Launching COE, Sekda Kota Makassar Antusias Peningkatan Perekonomian Masyarakat

“Kita masyarakat Sulsel punya sumber pangan yang beragam untuk dikelola. Alhamdulillah kita juga penghasil pisang yang bisa kita kelola secara berbariasi. Tapi Kita tidak memperhatikan asupakan gizi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mahyudin, menuturkan, lomba masak menu pisang ini juga menjadi salah upaya kreatif menciptakan menu makanan berat hingga cemilan bervariasi dari olahan pisang.

“Upaya penganekaragaman masakan pangan saat ini sangat trend dan massif. Saat ini Pemkot Makassar telah berusaha melakukan penganekaragaman pangan yang berkualitas. Salah satunya dengan ragam sumber pangan berkahobhidrat,” ujarnya.

Baca Juga: Sekda Kota Makassar Bersama World Bank Bahas Hasil Studi Diagnostik PAD Makassar

Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk respon positif Pemkot Makassar terhadap instruksi Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Di ketahui, konsumsi pangan lokal menjadi salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kedaulatan pangan.

Hal ini juga sejalan program Provinsi sulawesi selatan untuk mengutamakan mengkonsumsi pangan lokal.  Yaitu pisang yang merupakan sumber pangan yang sangat dekat dengan masyarakat. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button