NewsSulsel
Trending

Keunggulan Inovasi Kartu PKK Sehat, Reward untuk Kader PKK dan Posyandu di Somba Opu

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sebagai mitra kerja pemerintah, Tim Penggerak PKK harus ditunjang dengan layanan kesehatan yang mumpuni. Mengingat, Tim Penggerak PKK merupakan kelompok rentan dan berisiko dalam tugas-tugasnya di lapangan. Sehingga lahirlah Inovasi Kartu PKK Sehat yang diberikan untuk seluruh TP PKK Kecamatan Somba Opu. Inovasi ini diinisiasi oleh Puskesmas Samata dan Puskesmas Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Hal ini-disampaikan Kepala Puskesmas Samata, Faisal Aswar di sela-sela kunjungan Tim Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa yang-dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan di Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu, Rabu (10/5).

“Jadi awalnya itu beranjak dari pemikiran bahwa kita ini Puskesmas menganggap bahwa PKK itu adalah mitra strategis. Sehingga saya berpikir dengan teman kami dari Puskesmas Somba Opu, dr Tri untuk inisiasi memberikan jaminan sosial, proteksi, perlindungan kepada teman-teman Kader PKK sehingga mereka dalam melaksanakan tugas-tugas sosial ini merasa ada jaminan juga, mereka tidak takut lagi jika sewaktu-waktu terpapar penyakit,” jelas Faisal.

Baca Juga: Terbukti Mudahkan Masyarakat Urus Adminduk, Si Cerdas Bu Priska Masuk Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sulsel

Dengan kepemilikan Kartu PKK Sehat ini, seluruh jajaran pengurus Tim Penggerak PKK hingga kader PKK Somba Opu berhak mendapatkan layanan kesehatan di tingkat Puskesmas baik itu rawat jalan, persalinan, hingga laboratorium.

“Pelayanan Kartu PKK ini mengcover semua layanan di tingkat Puskesmas. Baik itu rawat jalan, persalinan hingga laboratorium, jadi selama berada di wilayah Faskes Puskesmas itu akan kami berikan jaminan. Kecuali dia mendapatkan rujukan ke rumah sakit, itu akan berlaku bagaimana aturan yang berlaku di rumah sakit yang bersangkutan,” ujar Faisal.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Somba Opu, dr Tri Oktaviani menuturkan, Kartu PKK Sehat ini merupakan Reward bagi seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan Somba Opu sebagai mitra strategis.

“Harus di ingat bahwa hampir semua juga kegiatan kami di Puskesmas itu berkaitan dengan teman-teman PKK. Terutama program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), sehingga saya rasa wajarlah dan sangat penting untuk kami berkontribusi membantu teman-teman PKK. Dengan begini kan semakin bersemangat, kalau PKKnya sehat maka keluarganya juga sehat,” kata dr Tri Oktaviani.

Baca Juga: Priska Paramita Adnan: Aspirasi Anak Penting Bagi Pembangunan Daerah

dr. Tri juga menjelaskan, bahwa awalnya Inovasi Kartu PKK Sehat hanya untuk kader Posyandu. Tetapi setelah di lakukan kembali koordinasi dengan Kepala Puskesmas Somba Opu, Lurah, Camat, Sekcam hingga Ketua PKK. Maka di ambil keputusan semua Tim Penggerak PKK Kecamatan Somba Opu di berikan Kartu PKK Sehat.

“Semua pengurus hingga kader Baik itu PKK Kelurahan bahkan PKK Kecamatan pun kami tanggung,” ujarnya.

Inovasi Kartu PKK Sehat ini mendapat apresiasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan yang di dampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf saat menyerahkan secara simbolis Kartu PKK Sehat ini kepada para Kader PKK dan Kader Posyandu Kecamatan Somba Opu.

“Saya juga apresiasi yang setinggi-tingginya atas paparan yang di sampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Somba Opu. Dan juga Apresiasi saya yang setinggi-tingginya atas program dan inovasi Kartu PKK Sehat yang sudah di inisiasi oleh Kepala Puskesmas Somba Opu. Dan Kepala Puskesmas Samata Bapak Faisal dan dr Tri Oktaviani,” kata istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Baca Juga: Kunjungi Posyandu Kemala Bhayangkari, Priska Adnan Serahkan Alat Antropometri

Dia mengaku senang karena kedua Kepala Puskesmas (Kapus) di Kecamatan Somba Opu bisa di ajak kerja sama. Kata dia, PKK sebagai mitra kerja pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. PKK tentunya adalah perpanjangan tangan. Untuk bisa mensosialisasikan semua program-program kerja yang di buat oleh pemerintah.

“Enak kalau para Kapus bisa di ajak kerjasama, bisa di ajak tukar pikiran, lincah. Tentunya para Ketua Tim Penggerak PKK kelurahan terbantu saat terjun ke masyarakat. Untuk mensosialisasikan program kerja. Apalagi kita di Kabupaten Gowa masih terus gencar melakukan upaya penurunan angka stunting,” tuturnya.

Priska mengakui, seluruh program dan inovasi PKK baik kabupaten hingga tingkat desa/kelurahan tidak dapat bekerja sendiri. Melainkan di laksanakan dengan kolaborasi. (af/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button