NewsNusantara

Tips Mudah Memilih Sabun Piring

NEWSURBAN.ID — Piring yang kotor bukan hanya akan menghilangkan selera makan, tetapi juga bisa menjadi perantara berpindahnya kuman penyakit ke dalam tubuh. Ketika mencuci piring, harus dipastikan semua kotoran dan bau amis hilang sehingga tetap bersih selama dalam penyimpanan. Untuk mencucinya perlu menggunakan sabun piring yang berkualitas.

Banyaknya produk sabun cuci piring yang mengklaim produknya aman dan higienis sering membuat calon pembeli bingung untuk memilihnya. Sebaiknya memperhatikan keamanan dari produk tersebut karena berkaitan dengan kesehatan keluarga.

Cara Mudah Memilih Sabun Piring

Masih banyak yang keliru dengan menganggap bahwa jika sabun menghasilkan banyak busa pasti mampu membersihkan secara sempurna.

Padahal tidak demikian, busa yang tidak hilang ketika membilas piring justru menjadi residu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sebaliknya, tidak sedikit produsen yang menambahkan sabun pencuci piring produknya dengan anti bakteri dan mampu membersihkan semua kotoran dengan cepat, namun tanpa busa berlebih.

Karena itu, teliti sebelum membeli sangat penting agar semua anggota keluarga tetap sehat. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membeli sabun pencuci piring:

1. Cek kandungan bahannya

Pertama yang perlu mendapat perhatian ketika membeli sabun pencuci piring adalah mengecek kandungan bahan di dalamnya. Untuk menghasilkan daya bersih yang lebih besar banyak produsen menambahkan bahan kimia. Sedangkan zat ini berbahaya bagi tubuh.

Kulit yang sering terpapar bahan kimia ketika mencuci piring bisa menyebabkan iritasi. Selain itu juga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Belum lagi jika bahan tersebut masih tertinggal di piring ketika membilasnya dan masuk ke dalam tubuh saat digunakan untuk makan, bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Perhatikan baik-baik keterangan pada kemasan yang mencantumkan bahan-bahan di dalam produk tersebut. Sebaiknya memilih pembersih piring yang terbuat dari bahan alami dan tidak menimbulkan residu berbahaya. Bahan pembersih alami yang bagus adalah jeruk nipis, habbatussauda, aloe vera dan lainnya.

2. Pilih yang busanya tidak berlebihan

Anggapan bahwa semakin banyak busa yang dihasilkan, maka produk pencuci piring bertambah bagus harus dihilangkan.

Pasalnya busa tersebut berasal dari senyawa kimia SLS yang jika terkena kulit bisa menimbulkan iritasi, apalagi jika penggunaannya terlalu berlebihan.

Karena itu jangan terkecoh dengan membeli pembersih piring karena menghasilkan banyak busa.

Tidak sedikit orang yang ragu apakah dengan sedikit busa bisa membersihkan semua kotoran.

Pada kenyataannya meski sedikit busa, jika mengandung bahan yang efektif tetap bisa membersihkan semua kotoran yang menempel pada piring dengan sempurna. Untuk itu pengetahuan tentang bahan apa saja yang bagus dan aman untuk mencuci piring sangat penting.

3. Pastikan produk yang digunakan bisa menghilangkan bau

Sering kali bahan makanan yang dikonsumsi meninggalkan bau menyengat pada piring meski sudah dicuci menggunakan sabun.

Bau tersebut menandakan masih ada sisa kotoran yang menempel meski tidak terlihat dan bisa menjadi sarang kuman penyakit.

Sabun pencuci piring yang baik dapat membersihkan semua kotoran secara sempurna termasuk bau yang tertinggal.

Beberapa jenis bau seperti bau ikan, telur dan daging bisa mengundang serangga untuk datang. Kotoran yang tertinggal dari serangga yang datang tersebut bisa mengganggu kesehatan sehingga Anda perlu mencucinya kembali sebelum menggunakan piring.

4.  Tidak licin

Licin pada piring setelah dicuci disebabkan oleh deterjen yang terdapat pada sabun pencucinya.

Deterjen merupakan bahan kimia yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Seringkali meski sudah dibilas secara berulang namun tetap licin.

Sebaiknya hindari jenis pencuci piring seperti ini karena bahan yang tertinggal setelah pencucian bisa berbahaya bagi kesehatan.

Pencuci piring yang baik akan menjadikan piring bersih dan kesat. Selain tidak berbahaya bagi kesehatan, piring yang kesat juga tidak mudah terjatuh dan pecah.

5. Tidak perih di mata

Selanjutnya yang perlu menjadi bahan pertimbangan adalah, sabun piring tersebut tidak menimbulkan perih pada mata. Selama aktivitas mencuci piring dan peralatan lain bisa saja mata terkena busa atau bahan pencuci. Pastikan bahan yang terkandung di dalamnya aman bagi mata.

Tidak sedikit pencuci piring yang menyebabkan iritasi dan kerusakan mata meski hanya sedikit yang terciprat dan masuk ke dalam mata.

Karena itu sebelum membeli ada baiknya mencari informasi secara detail terlebih dulu. Tujuannya selain untuk mendapatkan produk yang ampuh membersihkan alat makan juga aman bagi kesehatan.

6. Tidak wangi

Wangi produk pembersih berasal dari parfum yang di tambahkan. Bahan ini cukup berbahaya bagi kesehatan karena itu sebaiknya menghindarinya.

Jika ingin pencuci yang beraroma, lebih baik memilih bahan alami seperti lemon, jeruk nipis, stroberi dan lainnya.

Dengan pemilihan produk yang tepat bukan hanya menjaga agar piring dan peralatan makan selalu bersih, namun juga penting bagi kesehatan.

Untuk membeli produk pencuci piring yang aman cukup mudah karena banyak toko dan marketplace yang menyediakannya, salah satunya di Blibli.

Blibli merupakan toko online terpercaya yang menyediakan semua kebutuhan keluarga, mulai dari bahan makanan sampai produk pembersih.

Belanja di marketplace ini sangat aman karena hanya bekerja sama dengan seller berpengalaman dan terpercaya.

Sudah banyak yang mempercayakan kebutuhan hariannya dengan berbelanja di Blibli, termasuk untuk produk sabun piring. Cukup dengan memilih dan membayar produk yang diinginkan, seller akan mengirimkan dengan aman ke alamat tujuan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button