Bencana AlamNewsSulsel

Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Titik Banjir Terparah di Luwu

LUWU, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kunjungi langsung Kabupaten Luwu, Jumat, 4 Mei 2024, yang terkena bencana banjir dan tanah longsor. Didampingi Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh, Bahtiar tiba di Kecamatan Suli, Sabtu, dini hari tadi, sekitar pukul 01.50 WITA.

Kecamatan Suli merupakan merupakan salah satu daerah yang terdampak banjir terparah di Luwu. Kedatangan Bahtiar untuk membawa bantuan dan dukungan moral bagi para korban.

Bahtiar mengunjungi dua posko pengungsian yang berlokasi di masjid dan satu dapur umum. Di kecamatan ini, 12 desa dan 1 kelurahan merasakan dampak langsung dari bencana.

Baca Juga: Pj Sekda Sulsel Pastikan Pemenuhan Pangan dan Air Bersih bagi Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Enam Kabupaten

Desa Cimpu Utara menjadi saksi bisu ketangguhan warganya. Masjid yang sementara dibangun kini menjadi tempat perlindungan bagi 30 orang, termasuk anak-anak dan balita.

Pertanyaan sederhana “Sudah miki makan?” dari Bahtiar Baharuddin menjadi pembuka interaksi yang penuh empati.

“Kami datang untuk memastikan kebutahan ta terpenuhi dan sehat, yang penting sehat ki dulu,” ucapnya kepada warga.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Terjang 5 Kabupaten di Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Sampaikan Duka Mendalam

Kisah-kisah warga yang terdampak banjir pun terungkap satu per satu. Nur, menceritakan bagaimana rumahnya roboh dan ia harus menyelamatkan diri melalui jendela.

“Biasa banjir di sini, tapi tidak separah ini, rumah saya roboh, saya keluar lewat jendela dan minta tolong,” ucap Nur.

Pengungsi lainnya, Munarti menceritakan bagaimana barang-barangnya terbawa arus. “Barang-barang terbawa air semua, astagafirullah” tambah Munarti dengan mata yang berkaca-kaca.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Lantik Ahmadi Akil Jadi Pj Bupati Pinrang

Imran, warga lainnya mengungkapkan kondisi alerginya terhadap dingin kepada Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ishaq Iskandar yang mendampingi Bahtiar. Sejumlah Kepala OPD juga turut hadir.

Dalam kunjungan ini, Bahtiar menyerahkan bantuan logistik kepada Pemkab Luwu dan berinteraksi langsung dengan warga, termasuk bagi mereka yang mengungsi di masjid Desa Cimpu Utara. Kunjungan ke dapur umum untuk memastikan kebutuhan makan warga terpenuhi.

Camat Suli, Agus Salim, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Bahtiar yang memberikan semangat baru dan bantuan bagi warga.

“Semoga ini mempercepat pemulihan dan memberikan semangat ke warga,” ucapnya dengan penuh harapan. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button