NewsSulteng

Peringatan Hari Bhayangkara ke-77, Presiden: Agar Kuat, Polri Harus Bersih dan Tegak Lurus

# Sambutan Serentak Presiden RI Dibacakan Kapolresta Palu, Upaca Dihadiri Sekda Irmayanti Mewakili Wali Kota Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Wali Kota Palu diwakili Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

Upacara di laksanakan di halaman kantor Wali Kota Palu pada Sabtu , 1 Juli 2023. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023, Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah, S.IK, M.H.

Hadir pula Ketua DPRD Kota Palu, Ir, Armin Soputra, Komandan Kodim 1306/Kota Palu (Letkol Inf. Endang Sumardi), Kepala Kejaksaan Negeri Palu-diwakili oleh kasi datun Alkaf, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Palu-diwakili oleh Wakil Ketua Chairil Anwar, S.H, M.Hum, Wakapolres Palu AKBP Andi Batara Purwacaraka, S.IK, S.H.

Baca Juga: Polda Sulteng Tangkap 14 Pelaku Perdagangan Orang, Korbannya Ada Anak di Bawah Umur

Hadir pula para pejabat utama Polres Kota Palu, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Palu, para pimpinan non instansi pemerintah daerah Kota Palu, para pimpinan bank, para pimpinan hotel, para sesepuh dan purnawirawan Polri dan TNI.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kota Palu Kombes Pol Barliansyah, S.IK, M.H, membacakan sambutan Presiden RI. Berikut kutipan sambutan serentak Presiden RI pada upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 kepada Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia.

“Pertama-tama, saya mengucapkan selamat hari bhayangkara ke-77. Selamat menjalankan amanah mulia. Selamat mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara.”

“Setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan rakyat wajib memelihara keamanan dan ketertiban, wajib menegakkan hukum dan keadilan, wajib melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.”

Baca Juga: Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang di Sulteng Makin Merajalela 

“Setiap saat Polri-diawasi rakyat. Gerak gerik Polri tidak bisa-ditutup-tutupi lagi. “Hati-hati bisa-direkam dan-disebarluaskan.”

“Setiap saat lanjut Presiden kepercayaan terhadap Polri akan selalu-diuji. Di survey seberapa tinggi tingkat kepercayaan rakyat terhadap Polri.”

“Saya sedikit senang ada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang di awal tahun 2023 sekitar 6096. Saat ini sudah naik menjadi di atas 70760,” imbuhnya.

“Jangan ada yang-disalahgunakan, jangan ada yang-dibelok-belokkan. Jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. Lindungi masyarakat bawah. Berikan kepastian hukum kepada masyarakat, berikan kepastian berusaha. Berikan kepastian berinvestasi,” harap Presiden.

Baca Juga: Banggar DPRD Kota Palu Bahas LKPD Pemkot Palu Tahun Anggaran 2022

“Masalah kamtibmas harus-dikawal ketat. Apalagi kita sudah masuk tahapan Pemilu, pencegahan harus-diutamakan dan kita harus mengawal program prioritas nasional. Termasuk pembangunan ibu kota nusantara.”

“Selain itu, antisipasi tindak kejahatan yang semakin canggih yang memanfaatkan teknologi terbaru. Antisipasi tindak kejahatan lintas negara.”

“Kualitas layanan masyarakat juga harus semakin tinggi. Masyarakat harus menikmati rasa aman, merasakan keadilan, merasakan pelayanan yang lebih baik, merasa diayomi dan merasa dilindungi. ”

“Semua ini membutuhkan kesigapan, membutuhkan kecepatan, membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, membutuhkan inovasi.”

Baca Juga: Wali Kota Palu Hadianto Rasyid Teken Komitmen Penyelesaian Rekomendasi BPK Perwakilan Sulawesi Tengah

“Keluarga Bhayangkara yang saya banggakan. Institusi Polri itu bisa-diibaratkan sepeti sapu lidi. Masing-masing lidi harus bersih. Harus lurus dan kuat.”

“Semua batang lidi harus-diikat, bersatu padu, bersinergi. Tidak boleh ada blok-blokan lagi. Tidak boleh ada patron-patronan lagi.”

“Kualitas SDM harus-dijaga sejak dini, sejak rekrutmen. Sistem promosi harus-diperbaiki. Pengawasan harus diperketat. Pendisiplinan harus diperkuat, tidak pandang bulu. Pimpinan harus bersih, harus jadi tauladan yang berwibawa dan-dihormati.”

“Saya minta kepada saudara-saudara untuk menjadi Bhayangkari sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, kepada bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia.” (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button