NewsSulsel

Pemanfaatan Gas Metan Diresmikan, Andi Fahsar Minta Perbankan Gunakan CSR Untuk Masyarakat

BONE, NEWSURBAN.ID — Pemanfaatan gas metan diresmikan BupatiBone H. Andi Fahsar M. Padjalangi, Sabatu (15/7/2023). Peresmian pemanfaatan Gas Metan itu, berlokasi di TPA passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Di mana kegiatan ini mulai dengan membangun instalasi sumur gas metan di TPA Passippo. Kemudian, mengalirkan ke rumah warga masyarakat sekitar TPA Passippo sebagai pengganti gas LPG secara gratis.

Kepala Dinas DLH Kabupaten Bone Dray Vibrianto mengatakan jika gas metan yang-dihasilkan di TPA Passippo, apa bila tidak-dikelola dengan baik akan menguap ke udara.

Baca Juga: Antisipasi Terlibat Judi Online, Denpom XIV/1 Bone Sidak Ponsel Jajaran TNI

“Di samping mudah terbakar juga memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan efek Gas Rumah Kaca yang dampaknya berpengaruh terhadap perubahan iklim,” jelasnya.

Oleh sebab itu kami dari Dinas DLH berusaha mengelola dan memanfaatkan potensi gas tersebut untuk dialirkan ke rumah masyarakat sekitar TPA secara gratis sebagai pengganti LPG.

“Potensi Gas Metan di TPA sangat besar apabila di kelola dengan tekhnologi yang tepat dan manajemen yang baik, gas metan di TPA passippo dapat melayani lebih dari 100 rumah warga,” ungkap Dray Vibrianto.

Baca Juga: Gerakan Penghijauan, Gubernur Andi Sudirman Tanam 500 Pohon Produktif di Bone

Sementara itu Bupati Bone Andi Fahsar sangat mengharapkan pihak pihak tertentu khususnya perbankan bisa memanfaatkan dana CSR. Untuk memanfaatkan potensi gas metan di TPA Passippo untuk masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui selama ini pola pelayanan persampahan kita adalah memindahkan sampah masyarakat kota watampone ke TPA Passippo. Dengan kata lain kita memindahkan masalah warga kota untuk di tanggung bebannya oleh warga passippo,” kata Bupati Bone.

Dengan adanya program pemanfaatan Gas metan ini, kami berharap masyarakat passippo tidak hanya menanggung masalah dari sampah. Tetapi juga mendapat manfaat dari sampah tersebut,” tambahnya. (fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button