NewsSulsel

Pemkab Bulukumba Terima Penghargaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Kemendagri

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba terima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Penghargaan yang diterima oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf terkait dukungan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Gerakan Nasional 10 Juta Bendera dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo yang menyerahkan penghargaan mengatakan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan salah satu upaya untuk memperkuat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Jalin Kerjasama DJKN Perkuat Pengelolaan Aset

Lebih lanjut Wempi mengatakan, upaya memperkuat nasionalisme penting terlebih di era globalisasi saat ini. Pasalnya, globalisasi tidak hanya berdampak positif tetapi juga negatif terhadap kehidupan masyarakat. Hal itu seperti meningkatnya sifat individualisme, sifat konsumtif, termasuk memudarnya sikap nasionalisme.

Menurut Wempi, gerakan nasional ini merupakan salah satu terobosan. Untuk memelihara kecintaan warga negara Indonesia terhadap simbol-simbol negara.

“Semakin cinta warga negara dengan simbol negara, maka kerekatan warga dengan negara akan makin kuat. Salah satunya kecintaan kepada bendera merah putih,” ujar Wempi di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat 8 September 2023.

Baca Juga: Dua Mahasiswa Bulukumba Juara 1 Kompetisi Ide Kemenpan-RB

Wempi menambahkan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan kegiatan gotong royong. Gerakan ini bukan menekankan pada banyaknya jumlah bendera yang di bagikan. Tetapi lebih pada memperkuat makna agar seluruh masyarakat Indonesia menjiwai semangat kemerdekaan.

Tak hanya itu, kegiatan ini bukan sekadar seremonial, melainkan aksi sederhana memperkuat nasionalisme melalui pengibaran bendera merah putih.

“Melalui gerakan ini, kita bisa melihat bagaimana bendera merah putih sebagai identitas, simbol. Dan alat pemersatu masyarakat Indonesia akan berkibar di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Baca Juga: Dekranasda Bulukumba Kembali Ukir Prestasi di Pekan Raya Sulsel 2023

Selain itu, kata Wempi, kibaran bendera merah putih di seluruh langit-langit wilayah Indonesia, akan menunjukkan kepada seluruh dunia. Bahwa Indonesia merupakan negara yang kuat dan memiliki rasa persatuan.

“Dengan mendongakkan kepala ke atas, terlihat kibaran merah putih yang akan menggugah jiwa nasionalisme setiap masyarakat yang melihatnya,” tandasnya.

Sementara itu Andi Edy Manaf menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada stakeholder dan seluruh masyarakat Kabupaten Bulukumba. Yang telah mendukung dan bekerjasama sehingga Kabupaten Bulukumba sukses menjadi tuan rumah kegiatan nasional Pembagian 10 Juta Bendera.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Lakukan-Diseminasi Audit Kasus Stunting

“Penghargaan ini menjadi cerminan atas kolaborasi dan kerjasama semua pihak dalam. Sehingga kita sukses menjadi tuan rumah,” imbuhnya usai mewakili Pemkab Bulukumba terima penghargaan dari Kemendagri di Jakarta.

Sebagai informasi, gerakan ini telah berlangsung di seluruh Indonesia dari tanggal 1 Juni hingga 31 Agustus 2023. Jumlah bendera yang tercatat dan dibagikan hingga saat ini kurang lebih sekitar 12.754.300 bendera dengan berbagai ukuran.

Ada pun puncak Pembagian 10 Juta Bendera di pusatkan di Kabupaten Bulukumba pada tanggal 11 Agustus 2023 yang lalu. Yang di hadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button