MetroNewsPendidikan

Yayasan Karya Alam dan Lingkungan Gandeng LAZ Hadji Kalla Edukasi Mahasiswa melalui Fun Class Biodiversity

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Yayasan Karya Alam dan Lingkungan mengadakan “Fun Class Biodiversity” yang didukung oleh LAZ Hadji Kalla melalui Program Aktif Positif Kalla.

Mengusung tema “Biodiversity Mangrove dan Peluangnya di Masa Depan”, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi generasi muda, terutama mahasiswa dan masyarakat umum, tentang pentingnya pelestarian keanekaragaman hayati dengan pendekatan pembelajaran yang menarik.

Berlangsung di Kantor Yayasan Karya Alam dan Lingkungan, Lt. 3 (Ruko Citraland Tallasa City RA 1/37), Kota Makassar, (18/11/23).

Diikuti oleh 21 peserta dari berbagai universitas, diantaranya Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Terbuka, Universitas Negeri Makassar, dan Politeknik Negeri Jakarta. Turut hadir pula CEO Karya Alam Selaras Group, Yaqien Gisno Ogalelano, S.P., MS., C.EIA.

Dalam sambutannya, Fitriani Abdullah, S.P., Ketua Yayasan Karya Alam dan Lingkungan mengatakan bahwa apa yang dipelajari akan menjadi pemicu bagi partisipan untuk aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati. “Kami ingin agar setiap peserta menjadi agen perubahan dalam komunitasnya, menyebarkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan menginspirasi tindakan nyata dalam upaya melindungi alam”, sebutnya.

Dalam sesi utama, pemateri Zul Janwar, S.Si, M.Ling, seorang praktisi yang aktif dalam penelitian biodiversity mangrove, menyampaikan materi tentang “Biodiversity mangrove dan peluangnya di masa depan”.

Zul Janwar, sebagai seorang praktisi yang telah melakukan penelitian intensif dalam keanekaragaman hayati, khususnya pada ekosistem mangrove. Membahas secara mendalam tentang keunikan ekosistem mangrove, menjelaskan betapa pentingnya peran ekosistem dalam menjaga keseimbangan lingkungan pesisir, dan masih banyak materi lainnya yang berkaitan dengan ekosistem mangrove.

Kurniawan Jaya, PIC program Aktif Positif LAZ Hadji Kalla menyampaikan dukungan LAZ Hadji Kalla terhadap kegiatan ‘Fun Class Biodiversity’ yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Alam dan Lingkungan merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Kami percaya bahwa investasi pada generasi muda untuk memahami dan menjaga kekayaan alam merupakan langkah penting menuju masa depan yang berkelanjutan.

“Melalui program CSR, kami berupaya memberikan kontribusi positif pada pendidikan lingkungan dan kesadaran akan pentingnya menjaga biodiversitas, terutama terkait dengan ekosistem mangrove yang sangat krusial bagi lingkungan pesisir. Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak individu untuk terlibat dalam perlindungan lingkungan dan menciptakan perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik”, tegasnya.

Dalam kegiatan ini, peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati, tetapi juga terlibat dalam sesi workshop kreatif yang unik.

Seluruh peserta diajak untuk mengolah limbah mangrove menjadi karya seni yang bernilai lingkungan. Melalui panduan dari fasilitator, peserta belajar cara menggunakan limbah mangrove yang umumnya diabaikan atau dibuang untuk menciptakan karya seni yang memiliki pesan lingkungan.

Salah satu contohnya, setiap peserta dapat membuat lukisan menggunakan serpihan kayu mangrove atau kerajinan tangan lainnya dari bahan-bahan yang diperoleh dari lingkungan mangrove. Tidak hanya menambah dimensi kreatif dalam acara tersebut tetapi juga menyampaikan pesan tentang pentingnya mengelola limbah dan memanfaatkannya kembali secara positif untuk lingkungan.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai LAZ Hadji Kalla, dapat menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030 dan nomor 0411 300 0103.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button