MetroNews

Balitbangda Makassar Beri Penghargaan Pemenang IMA 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Kota Makassar memberikan penghargaan kepada inovator terbaik yang menjadi pemenang dalam Innovative Mayor Award (IMA) 2023.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung saat Refleksi Akhir Tahun 2023 Pemerintah Kota Makassar yang berlangsung di Hotel Four Point pada Rabu, (27/12/2023).

Kepala Balitbangda Andi Bukti Djufrie mengucapkan selamat untuk para pemenang. Ia mengatakan program IMA yang sudah-diselenggarakan sejak tahun 2018 ini merupakan upaya Pemkot dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik Kota Makassar.

Baca Juga: Refleksi Akhir Tahun Pemkot Makassar: Pemprov Sulsel Apresiasi Kemampuan Pemkot Makassar Tekan Angka Inflasi

“Melalui program inovasi ini dapat memperkuat posisi kota Makassar menjadi kota dunia dan mendukung visi pak Wali Kota Makassar dalam membawa Makassar Sombere dan Smart City dengan berbagai pelayanan publik yang inovatif,” jelasnya.

Lanjutnya, apalagi terbukti Makassar menjadi satu-satunya yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai salah satu Kota Terinovatif Tahun 2023.
Di sisi lain, melalui IMA menjadi stimulus bagi ASN Pemkot Makassar untuk terus berkarya dan menciptakan inovasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Berbeda dari tahun sebelumnya, IMA tahun 2023 dibuka secara umum, melibatkan semua SKPD, Kecamatan, Kelurahan, Puskesmas, dan Sekolah. Sebanyak 47 peserta mendaftarkan inovasinya, yang melibatkan berbagai tingkatan instansi di Kota Makassar.

Baca Juga: Kesra Makassar Paparkan Kolaborasi Baznas-Pemkot dan Rencana Refleksi Keimanan kepada Danny Pomanto

Inovasi-inovasi yang masuk dalam IMA 2023 melalui tahap pemeriksaan administrasi, presentasi, dan verifikasi lapangan. Proses seleksi ketat ini bertujuan untuk memastikan bahwa inovasi yang diakui benar-benar memiliki dampak positif di masyarakat.

Adapun Pemenang Innovative Mayor Award (IMA) 2023 di antaranya: Juara 1. Dinas Kesehatan Kota Makassar, inovasi PENTAS JUMAT (Pelayanan Kesehatan Tanpa Batas Menuju Makassar Makin Sehat).
Juara 2, Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Makassar, inovasi JAMPANGI ANAK TA. Dan, juara 3. Inspektorat Kota Makassar, inovasi SIPAKATAU (Sistem Informasi Data Tindak Lanjut).

Bac Juga: Family Gathering Ajang, Danny Pomanto: Eratkan Kekeluargaan Pemkot Makassar!

Kemudian adapun pemenang juara harapan di antaranya: Juara Harapan 1. SD Negeri Rappocini Kota Makassar, inovasi HALTE LITERASI. Juara Harapan 2 Puskesmas Mamajang Kota Makassar, inovasi KARAMEL GULA (Kenali Cara Memelihara Gigi dan Mulut Anak Balita). Dan, juara Harapan 3, SD Negeri Sudirman IV Kota Makassar, Inovasi KEPITING (Kelas Pintar, Tematik, Inovatif, dan Gembira).

Selanjutnya, inovasi yang menang akan dilanjutkan ke tingkat nasional, yakni Innovative Government Award 2024 dari Kementerian Dalam Negeri. Hal ini menunjukkan komitmen Kota Makassar dalam menghasilkan inovasi yang berdampak lebih luas. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button