NewsSulsel

Jokowi Janji Bangun Stadion di Sudiang Makassar Tahun Ini

# Diungkapkan Pj Gubernur Sulsel Usai Dampingi Presiden Jokowi Kunker di Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) janji akan bangun stadion di Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kabar baik itu diungkapkan langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, usai mendampingi Jokowi dalam kunjungannya di Sulsel.

“Selama ini ada aspirasi dari masyarakat Sulawesi Selatan ingin memiliki stadion. Kami tadi sudah melaporkan ke Bapak Presiden, sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu, bersama Forkopimda, Pak Kapolda dan Pangdam. Dan tadi Bapak Presiden janji akan bangun, stadion, Insya Allah di Sulawesi Selatan (Sudiang) Kota Makassar, oleh Kementerian PUPR tahun ini,” ungkapnya.

Presiden, lanjut dia, memberikan arahan untuk menyampaikan kabar baik itu kepada masyarakat Sulsel.

Baca Juga: Didampingi Pj Gubernur Sulsel, Presiden Jokowi Resmikan IPAL Senilai Rp1,2 Triliun di Makassar

“Insya Allah aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan untuk memiliki sebuah stadion yang representatif Insya Allah tahun ini akan-dibangun oleh Kementerian PUPR,” bebernya.

Mendukung hal itu, Pemprov Sulsel sudah menyiapkan lokasi di Sport Center Sudiang seluas 20 hektar.

“Anggaran (pembangunan) kami serahkan semuanya ke PUPR. Jadi Pemda menyiapkan lahan yang clear. Karena kita di kawasan Sudiang ada 75 hektare. Itu memang sudah sejak awal diperuntukan untuk kegiatan olahraga,” jelasnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin Bakal Dampingi Presiden Jokowi Selama Kunker di Sulsel

“Saya sekali lagi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan. Karena hal yang sangat lama di dambakan masyarakat kita. Insya Allah tahun ini akan diwujudkan oleh Bapak Presiden kita, Bapak Ir. H Joko Widodo dan saya sekali lagi sebagai Gubernur sangat berterima kasih,” bebernya.

Menurutnya, hal ini membuktikan Presiden Jokowi mendengarkan sungguh-sungguh aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan. “Tugas saya menyiapkan lahannya clear. Dan lahan yang sangat clear milik Pemprov itu adanya di Sudiang dan memang sport center dan luasnya 75 hektare di situ. Lahan kami siapkan 20 hektar. Kawasan itu benar-benar bisa menjadi kawasan stadion yang layak dan bisa di gunakan skala internasional,” jelasnya.

Ia pun mengaku, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan-diundang Pemerintah Pusat. Bersama Wali Kota Makassar dengan Forkopimda Sulsel, Bupati Gowa, Bupati Maros, Bupati Pangkep dan Bupati Takalar. “Karena area ini menjadi kawasan satu integrasi. Jadi kita harus memang merencanakan pembangunan kawasan Makassar dan sekitarnya terintegrasi,” imbuhnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Lantik Muhammad Saleh dan Andi Batara Lipu Sebagai Pj Bupati Luwu dan Pj Wajo

Sebelumnya, Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah melobi pemerintah pusat untuk membangun stadion di Sudiang. Bahkan, Pemprov berupaya agar program ini masuk dalam program nasional.

“Pak Gubernur, Pak Bahtiar sudah meminta kami untuk bersurat, memohon ke pusat untuk APBN agar bisa dibangun stadion di Sudiang. Kemudian kami bersurat ke Kemenpora, Kemendagri, dan PSSI. Kita libatkan PSSI karena mereka paham soal stadion,” kata Suherman, saat-diwawancarai November 2023 lalu.

Saat kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Sulsel, Kamis, 22 Februari 2023, Pj. Gubernur Bahtiar kembali menyampaikan aspirasi masyarakat Sulsel kepada Presiden yang sangat membutuhkan stadion, dan langsung di terima oleh Presiden Jokowi. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button