NewsSulsel

Peringati HPSN, Pemkot Palu Komitmen Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif

PALU,NEWSURBAN.ID – Mengusung tema Atasi Sampah Plastik dengan Carat Produktif, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu komitmen atasi sampah plastik untuk menjaga lingkungan dengan memanfaatkan menjadi bernilai ekonomi.

Hal itu, di sampaikan Asisten bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha, SE.,M.Si,. Mewakili Wali Kota Palu, saat menghadiri puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 tingkat Kota Palu, pada Sabtu (24/2/2024).

Kegiatan yang berlangsung di TPA Poi Panda, Kelurahan Kawatuna, Kota Palu ini di laksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu. Dengan, mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.”

Baca Juga: Sekda Irmayanti Resmi Memulai Ala Rangking Satu DLH Kota Palu

Asisten Imran yang membacakan sambutan tertulis wali kota menyampaikan bahwa, permasalahan sampah plastik bukanlah sebuah pekerjaan mudah dan tanpa tantangan.

Olehnya, untuk kesuksesannya, di butuhkan menyelenggarakan kegiatan yang kolaborasi. Dengan keikutsertaan berbagai pihak, termasuk masyarakat.

“Harapannya kedepan, peranan masyarakat dalam memilah sampah-sampah plastik. Sehingga tidak semua terbuang di TPA kita. Saya kira kerja-kerja ini sudah terlihat,” ujar asisten.

Asisten menyatakan, HPSN yang di peringati setiap tanggal 21 Februari, merupakan sebuah kontalasi perjalanan panjang sistem pengelolaan sampah.

Baca Juga: Wakili Wali Kota, Kalak BPBD Buka Pelatihan Pelatih dan Dirigen Paduan Suara Tingkat Kota Palu

Sehingga bukan hanya fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi saja. Namun dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dan ekosistem kehidupan global.

“Yaitu melalui penurunan emisi gas rumah kaca dan sektor limbah,” lanjut asisten.

Pengelolaan sampah plastik saat ini, di harapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Kota Palu. Sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

Yaitu waste to resource melalui cara kerja ekonomi sirkular dan sampah menjadi sumber energi dan berdimensi ekonomi berkelanjutan.

Baca Juga: Sekda Irmayanti Temui Pj Bupati Donggala Bahas Aset Pemkab Donggala yang Berada di Wilayah Kota Palu

Dalam Puncak HPSN tahun 2024 tingkat Kota Palu ini, juga di laksanakan penganugerahan penghargaan kepada pejuang lingkungan. Dalam bidang persampahan dan RTH dengan berbagai kategori.

Di antaranya yakni, kategori Koordinator Kecamatan/Koordinator Lapangan, Satuan Tugas Adipura Kelurahan, Supir (Armada Sampah. Juga R6+Supir Pickup, Armada Penyiram Taman, Armada Pertamanan, Armada Penghijauan dan Dekorasi Kota).

Kemudian kategori Pelaku Usaha, Bank Sampah Unit (aktif), Petugas TPA Poi Panda Kawatuna. Dan, kategori Petugas Lapangan bidang RTH.

“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi dari teman-teman. Sehingga dapat semakin meningkatkan kinerjanya,” harap asisten. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button