NewsSulsel

Didampingi Wakil Bupati Edy Manaf Penjabat Bupati Bone Ziarahi Makam Leluhurnya di Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Wakil Bupati Gowa, Andi Edy Manaf, dampingi Penjabat Bupati Bone Andi Islamuddin bersama Forkopimda Kabupaten Bone dan jajaran Pemkab Bone melaksanakan ziarah ke Makam Raja Bone ke-9 La Pattawe’ Matinroe ri Bettung di Desa Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, Senin 26 Februari 2024.

Dalam ziarah ke makam Lapattawe, rombongan didampingi oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf dan Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng. Turut hadir Penjabat Bupati Bantaeng Andi Abubakar.

Penjabat Bupati Bone Andi Islamuddin mengatakan, ziarah ke makam Raja Bone yang dilaksanakan ini adalah yang ketiga kalinya bagi dirinya. Yang pertama saat masih menjabat Inspektur Daerah, yang kedua saat sudah menjabat Sekretaris Daerah dan yang ketiga saat ini sebagai Penjabat Bupati Bone.

Baca Juga: PLN Bagi Bantuan di Kahayya Bulukumba: Bedah Rumah hingga Modal Usaha

“Ini (jabatan) mungkin karena berkat doa masyarakat Bulukumba juga,” kata Andi Islamuddin.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan ziarah ke makam leluhur Raja Bone sudah menjadi tradisi dalam menyambut Hari Jadi Bone setiap tahunnya.

“Hampir seluruh wilayah kabupaten kota di Sulawesi Selatan ada makam raja Bone, dan semua makam itu kita ziarahi sekaligus menjalin silaturahmi dengan pemerintah dan warga daerah tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Hadiri RAT Koperasi Berkat, Andi Makkasau Puji Kinerja Bupati Andi Utta

Keberadaan makam makam raja Bone di berbagai daerah menandakan pengaruh kerajaan Bone di masa lalu. Tanpa merasa jumawa, Andi Islamuddin mengaku kerajaan Bone memiliki pengaruh yang penting di masa kerajaan. Atau sebelum Indonesia merdeka.

Sementara itu Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyampaikan bahwa keberadaan makam raja raja Bone di berbagai daerah. Termasuk Kabupaten Bulukumba menandakan raja raja Bone diterima seluruh lapisan masyarakat. Terbukti dengan keberadaan makam raja Bone berada di mana saja. Hal ini juga menunjukkan keberlanjutan kepemimpinan dari konsep kerajaan di masa lalu dan konsep negara republik setelah Indonesia merdeka.

“Kedekatan raja Bone dengan rakyat di masa lalu harus menjadi teladan dari para pemimpin daerah saat ini. Untuk senantiasa dekat dengan warganya,” kata Edy Manaf.

Baca Juga: Perayaan Imlek, Bank Hasamitra Bulukumba Gelar Malam Mitra Harmoni

Edy Manaf pun mengucapkan selamat datang kepada Penjabat Bupati Bone dan rombongan di Kabupaten Bulukumba. Semoga kunjungan ini semakin mempererat hubungan Bone dan Bulukumba.

Untuk di ketahui La Pattawe Daeng Soreang Matinroe ri Bettung Bulukumba adalah Raja Bone ke-9 yang memerintah 1565-1602.

Di masa pemerintahannya tidak banyak di beritakan. Termasuk informasi terkait serangan militer Gowa ke Bone juga tidak pada masa pemerintahannya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button