NewsSulsel

Buka Musrenbang RPJPD, Bupati Andi Utta: Dibutuhkan Rancang Bangun Bulukumba yang Tepat dan Visioner

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bulukumba 2025-2045 di Aula Kahayya Gedung Pinisi Bulukumba, Senin 29 April 2024.

RPJPD Bulukumba tahun 2005-2025 akan segera berakhir, sehingga Pemerintah Kabupaten Bulukumba mempersiapkan dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah selama 20 tahun ke depan.

Musrenbang RPJPD dibuka oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan dihadiri oleh Ketua DPRD H. Rijal, unsur Forkopimda serta stakeholder lainnya.

Baca Juga: Raih Juara Bergilir, Bupati Andi Utta Serahkan Piala dan Sertifikat Penghargaan kepada Siswa SLBN Bulukumba

Sekretaris Bapperida, Arie Hamzah dalam laporannya menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau RPJPD adalah Dokumen perencanaan pembangunan daerah yang menjabarkan visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah untuk jangka waktu 20 tahun yang disusun berdasarkan RPJPN dan RTRW.

Tujuan dari Musrenbang untuk menampung usulan dan masukan dari berbagai pihak dalam penyempurnaan penyusunan RPJPD Kabupaten Bulukumba Tahun 2025-2045.

Dia mengatakan dalam penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045 ini menggunakan 4 (empat) pendekatan perencanaan pembangunan yaitu pendekatan teknokratik, pendekatan partisipatif, pendekatan politis dan pendekatan perpaduan bottom-up dan top-down planning.

Baca Juga: Launching Senam Sehat Haji, Edy Manaf Imbau JCH Bulukumba Jaga Kebugaran

“Musrenbang yang dilaksanakan saat ini-didasarkan pada pendekatan partisipatif sebagai salah satu pendekatan dalam perencanaan pembangunan,” ungkapnya.

Selain itu RPJPD Kabupaten Bulukumba Tahun 2025-2045, lanjutnya-disusun dengan memperhatikan capaian indikator makro 10 tahun terakhir yang terdiri dari: Pertumbuhan ekonomi, Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Gini Ratio, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan PDRB Perkapita (ADHB).

“Dalam mendukung Visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan Indonesia sebagai “Negara Nusantara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan” dengan 5 Sasaran visi yaitu,” kata Bupati Andi Utta.

Baca Juga: Tidak Hanya Bibit Unggul, Petani Bulukumba Juga-Dibantu Pembersihan Lahan

Sementara itu Ketua DPRD H. Rijal menyampaikan kegiatan tersebut menentukan arah nasib Kabupaten Bulukumba 20 tahun ke depan. Pihaknya di DPRD akan bersama sama mengikuti tahapan dalam penyusunan dokumen RPJPD tersebut, khususnya dalam pembahasan Peraturan Daerahnya nanti.

“Harapan kami dari hasil Musrenbang ini akan menjadi dasar kita menyusun RPJPD untuk 20 tahun. Sehingga nanti siapa pun pejabat pemerintah daerah akan meneruskan rencana pembangunan jangka panjang ini,” imbuhnya.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengatakan tantangan dunia ke depan semakin sulit, setiap negara akan memikirkan daerahnya sendiri. Sehingga tidak bisa mengandalkan impor atau bantuan kebutuhan pangan dari luar.

Baca Juga: Terbaik Kedua dan Ketiga di Sulsel, Agen Bank Sulselbar Bulukumba Terima Hadiah

Andi Utta sapaan akrab bupati mengatakan harus-dipikirkan bersama, bagaimana Bulukumba ini bisa secepatnya mandiri dari sisi ketahanan pangan. Infrastruktur di arahkan untuk betul-betul mendukung pembangunan pertanian sehingga masyarakat lebih produktif. Persawahan tidak maksimal produksinya karena tidak-didukung oleh bendungan dan irigasi teknis.

“Dengan demikian, saya berharap rencana pembangunan jangka panjang sampai tahun 2045 ini-dikaji lebih mendalam. Sesuai potensi unggulan yang-dimiliki Bulukumba menuju Indonesia emas,” pintanya.

Menurutnya,dibutuhkan rancang bangun Bulukumba yang lebih tepat dan lebih visioner, utamanya dalam membangun pondasi ekonomi masyarakat. Intinya pondasi ekonomi dan ketahanan pangan melalui sektor pertanian dan kelautan harus-diperkuat. Ini, seiring dengan pengembangan sektor lainnya seperti pariwisata, industri dan perdagangan yang menjadi penunjang kemajuan daerah ke depan. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button