NewsPemilu 2024PerspektifPolitik

Etos Politica: Peluang Danny Menyalip di Pilgub Sulsel Besar!

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID โ€” Hasil survei nama-nama yang berpotensi maju dan punya kans yang besar untuk memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada November 2024 mendatang kini dirilis oleh berbagai lembaga survei seperti ARCHI Research and Strategy dan PT IPI Indonesia baru-baru ini.

Nama-nama yang sudah tidak asing seperti Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo, Mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse dan Ketua Gerindra Sulsel Andi Irwan Aras, dan Nurdin Halid disinyalir punya peluang besar untuk dimajukan sebagai calon Gubernur Sulsel 2024-2029.

Survei baru-baru ini juga memotret nama-nama pendatang baru seperti Fadil Imran dan Amran Sulaiman juga masuk dalam barisan nama-nama yang punya kans besar maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024-2029 mendatang.

Baca Juga:ย Jenderal Bintang 3 Sahabat Kapolri Bakal Lawan “Dinasti” Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel 2024

Peneliti sekaligus pengamat politik Etos Politica, Kaslan mengungkapkan, dari sekian nama-nama yang terpotret oleh lembaga survei dikatakannya semua memiliki kesempatan dan kenaikan elektabilitas yang sama. Namun, kata Kaslan nama-nama tersebut belum bisa menjadi acuan akan menjadi bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan.

โ€œKalau kita amati, persentase tingkat elektabilitas nama-nama yang muncul pada dua lembaga survei, Archi dan PT IPI punya korelasi dengan kerja-kerja politik pada pilcaleg dan Pilpres 2024 14 februari lalu,โ€ kata alumni Magister Politik Universitas Nasional ini dalam keterangannya ke wartawan, Minggu 24 Maret 2024.

Sehingga, kata Kaslan potret tersebut belum bisa menjadi acuan untuk menjadi tolak ukur siapa pemenang Pilgub November 2024 mendatang.

Baca Juga:ย Siap Maju Pilgub Sulsel 2024, Andi Fahsar Jadikan Pileg Batu Loncatan

โ€œPertama nama-nama tersebut belum tentu benar-benar ingin maju sebagai gubernur. Misalnya ada nama Mentang Amran Sulaiman. kita tidak yakin pak Amran benar benar akan maju, bisa jadi hanya ingin cek ombak untuk adiknyaโ€ katanya.

Kedua, pilihan cawagub dan dukungan partai politik belum muncul secara terang-terangan mendukung siapa di Pilgub Sulsel nantinya.

Yang menarik kata Kaslan, adalah masuknya nama Danny Pomanto dalam berbagi potret survei politik san menempatkan nama Danny di jajaran teratas.

Baca Juga:ย Gubernur Sulsel Puji PKS, Ahmad Syaikhu Beri Sinyal Dukungan di Pilgub 2024?

โ€œPadahal kalau kita amati beliau belum menyatakan sikap dan belum melakukan sosialisasi secara massif di daerah. Sementara nama-nama lain, balihonya sudah bertebaran di mana-mana,โ€ ujarnya.

Sehingga kata Kaslan, jika nantinya Danny Pomanto sudah menyatakan sikap untuk maju dan mulai membentuk tim di lapangan. Maka tentu sangat berpotensi menaikkan elektabilitas.

โ€œIni yang mesti di waspadai oleh kandidat lain. Apalagi Danny punya pengalaman politik di Makassar. Bagaimana ia mampu menjadi tokoh di balik kemenangan kotak kosong dan perlawanan terhadap koalisi 10 partai besarโ€ paparnya.

Baca Juga:ย Pj Gubernur Sulsel Siap Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Kaslan menilai, meski Danny Pomanto ย akan di dukung oleh PDI Perjuangan di Pilgub Sulsel mendatang. Namun pilihan melalui jalur independen tentu juga sangat berpotensi di tempuh oleh Danny Pomanto.

“Danny punya pengalaman menggerakkan grasroot atau angkar rumput. Terutama di kota Makassar saya kira bagi pak Danny bukan hal yang sulit untuk mendapatkan dukungan independen,” katanya.

Apakah nantinya Danny maju melalui jalur partai politik atau independen, Kaslan menilai hal itu tergantung kemampuan. Dan perhitungan Danny menarik simpati partai politik dan elektabilitas.

Baca Juga:ย Anggaran Pilkada Sulsel 2024 Capai Rp224 Miliar

“Saya kira pertimbangan elektabilitas juga akan menjadi acuan partai politik untuk mendukung Danny. Tentu yang melirik sudah banyak,” ungkap Kaslan.

Seperti di ketahui, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) kini berencana menyebar balihonya untuk melihat elektabilitasnya.

Rencana itu kini sedang di matangkan Danny bersama timnya. Danny mengatakan baliho dia akan mulai dia sebar di seluruh daerah Sulsel setelah Lebaran Idul Fitri nanti (*)

Baca Berita dan Artikel Lain diย Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button