NewsSulsel

Bupati Andi Utta Launching Desa Digital, Ribuan Orang Padati Lapangan Pemuda

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta) launching Desa Digital dan dihadiri ribuan orang di Lapangan Pemuda Bulukumba, Senin 25 Maret 2024.

Banyaknya masyarakat yang hadir saat Bupati Andi Utta launching Desa Digital, selain menyksikan proses tersebut juga menyaksikan penampilan artis dangdut Ridwan Sau.

Kemkominfo kerja sama Pemkab Bulukumba dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Bulukumba gelar Launching Desa Digital dan webinar ini. Temanya, “Desa Digital: Membangun Masa Depan yang Berkelanjutan” dalam agenda gerakan Literasi Digital Makin Cakap Digital 2024.

Baca Juga: Di Kajang, Bupati dan Wabup Bulukumba Safari Ramadan di Pelabuhan Lembang Keke

Pada kegiatan ini Bupati Andi Utta launching Desa Digital sebagai momentum awal dalam melaksanakan program program digitalisasi desa di Kabupaten Bulukumba.

Semakin meriah karena acara ini menghadirkan Ridwan Sau, seorang penyanyi terkemuka asal Sulawesi Selatan. Penampilan Ridwan Sau, yang dikenal sebagai Penyanyi Dangdut Pria Terbaik dalam ajang AMI Award 2023, menyulut semangat penonton.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber praktisi yang berkompeten, diantaranya Relawan TIK Indonesia, Andi Asy’hary J Arsyad, Key Opinion Leader (KOL) dan Dosen Ilmu Komunikasi, Syamsu Rizal MI, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Hamrina A. Muri yang dipandu langsung oleh mantan Kepala Dinas Kominfo Bulukumba, Daud Kahal

APA KATA SAPPEWALI KUTONG

Ketua PPDI Sappewali Kutong, sekaligus ketua panitia pelaksana mengatakan acara ini bertujuan untuk mengenalkan masyarakat tentang literasi digital dan manfaat serta urgensinya, serta program program apa saja dalam literasi digital.

“Kita juga berharap masyarakat sadar mengenai kecakapan digital dan tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan literasi digital,” ungkapnya.

Sappewali mengaku bangga atas suksesnya acara ini. Tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, Pemerintah Daerah, terutama Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf, serta para kepala desa yang turut berpartisipasi.

“Tak hanya itu, dampak positifnya juga terasa bagi pelaku usaha, seiring dengan misi digital untuk mendukung digitalisasi UMKM,” tambah Sappewali.

Peluncuran Desa Digital ini membawa angin segar bagi Bulukumba menuju arah kebangkitan digital yang lebih luas. Kerjasama yang terjalin dengan Kementerian Kominfo-diharapkan dapat berlanjut untuk mendukung kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang.

APA KATA BUPATI ANDI UTTA

Andi Utta sapaan akrab bupati yang hadir sebagai keynote speaker menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atas inisiasi kegiatan di Kabupaten Bulukumba.

Menurutnya, hal tersebut sebagai sebuah langkah awal dalam upaya mewujudkan Digitalisasi Desa di seluruh pelosok Kabupaten Bulukumba.

Saat ini kata Andi Utta, pihaknya bersama Pj Gubernur Sulawesi Selatan telah mengajukan permohonan kepala Menteri Kominfo untuk pembangunan BTS-BTS pada titik titik area Blankspot yang masih ada di wilayah Bulukumba.

Digitalisasi Desa lanjutnya, sesuai dengan semangat pelaksanaan Misi Pemerintah Daerah yaitu Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan dan Layanan Publik.

Baca Juga: Safari Ramadan Jadi Momentum Bupati-Wabup Bulukumba Berdialog dengan Warga

Selaku Pemerintah Daerah, pihaknya terus mendorong pelaksanaan Digitalisasi Pemerintahan atau E-Government. Khususnya bagi instansi-instansi yang bersentuhan dengan pelayanan publik seperti rumah sakit- puskesmas, Dinas Dukcapil dan perizinan.

“Selain menghemat biaya karena lebih efektif dan efisien, Digitalisasi juga mencegah terjadinya percaloan. Juga cegah, pungutan liar serta lebih transparan dan akuntabel,” imbuhnya.

Olehnya itu, saya terus mendorong, bagaimana instansi pemerintah. Dan pemerintah desa ke depan menerapkan Pemerintahan Digital.

Era ekonomi digital saat ini menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Untuk menembus pasar dengan memotong jalur distribusi produk hingga ke konsumen.

“Lewat teknologi digital, pelaku UMKM di desa dapat meningkatkan akses ke pelanggan baru. Juga, meningkatkan penjualan dan pendapatan. Serta dapat membuka akses baru ke pasar di mana saja,” urainya.

Juga dia harapkan UMKM dan Ekonomi kreatif berbasis digital menjadi penunjang. Dalam mewujudkan Kabupaten Bulukumba menjadi tujuan wisata Nasional dan mancanegara. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button