NewsSulsel

Hadiri Peresmian Revitalisasi Kompleks Makam, Bupati Adnan Sampaikan Apresiasinya ke Jajaran Polda Sulsel

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri peresmian Revitalisasi Makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingalloang oleh Polda Sulsel dan Polres Gowa di Kompleks Makam Arung Palakka, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Rabu (17/4).

Pada kesempatan tersebut Bupati Adnan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Polda Sulawesi Selatan dan Polres Gowa atas inisiasinya dalam melakukan revitalisasi atau renovasi kompleks makam tersebut.

“Meskipun makam ini bukan aset dari Pemerintah Kabupaten Gowa, namun atas nama pemerintah dan masyarakat kami menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang setinggi-tingginya karena makam ini telah direvitalisasi oleh Bapak Kapolda bersama jajaran termasuk jajaran Polres Gowa, Insya Allah kita adalah orang-orang yang tidak akan pernah melupakan sejarah dari kedua pahlawan ini karena kegigihannya mampu memerdekakan republik indonesia termasuk kita yang ada di Sulawesi Selatan ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Peringati Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggungjawab ASN

Adnan menyampaikan Gowa memiliki tiga pahlawan nasional yakni Sultan Hasanuddin, Syekh Yusuf Tuanta Salamaka. Dan, Karaeng Pattingalloang yang di kenal dengan kecerdasaannya. Dan merupakan ayah angkat dari Raja Bone Arung Palakka yang makamnya juga terletak di Kabupaten Gowa.

“Hubungan antara Karaeng Pattingalloang dan Arung Palakka tidak dapat di.pisahkan satu dengan lainnya. Ini sebagai tanda bahwa orang Bone dan Gowa memiliki kekeluargaan yang baik. Semoga melalui momentum peresmian revitalisasi ini persaudaraan kita semakin kuat untuk membangun Sulawesi Selatan dan Indonesia lebih baik di masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi mengatakan revitalisasi ini di lakukan untuk terus merawat situs atau wisata religi di Sulawesi Selatan. Salah satunya di Komplek Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Kabupaten Gowa ini.

Baca Juga: Bupati Adnan Harap Kerja Sama Pemerintah dan Divisi 3 Kostrad Terus Terjalin

“Tujuan utama revitalisasi ini adalah menumbuhkan nilai-nilai sejarah. Sekaligus meningkatkan informasi terkait kerajaan yang ada di Sulsel. Agar generasi kita memiliki kebanggaan terhadap sejarah kepahlawanan kita,” katanya.

Usai melakukan peresmian, Kapolda Sulsel bersama Pj Gubernur Sulsel, Bupati Gowa, Pj. Bupati Bone, Kapolres Gowa dan jajaran melakukan ziarah makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingalloang. Yang di lajutkan dengan peresmian Baruga Bhara Daksa sekaligus pemberian bingkisan kepada beberapa masyarakat sekitar. (nh/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button