NewsSulsel

Lantik Ketua PKK Kecamatan, Herfida Muchtar: PKK Menjadi Wadah Pekerja Sosial

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bulukumba Andi Herfida Muchtar lantik enam Ketua TP PKK tingkat Kecamatan di lantai 4 Gedung Pinisi, Selasa 11 Juni 2024.

Pelantikan dan pengukuhan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan ini merupakan agenda yang menyertai pelaksanaan mutasi pengisian dan pergeseran jabatan camat sebelumnya.

Dari acara pelantikan dan pengukuhan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gantarang, Ernawati dikukuhkan secara virtual oleh karena yang bersangkutan tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Tampil di Diskusi IKA Smansa Bulukumba, Asri Paremma: Seperti Memberikan Kuliah 3 SKS

Adapun Ketua PKK Kecamatan lainnya yang dia lantik adalah A. Nurlinda Irwan (Bulukumpa, Fatri Julianti (Bontotiro), Nita Khadijah (Ujungloe), Hj. Darmawati (Rilau Ale) dan A. Nurintan A. Fidyah (Herlang).

Herfida Muchtar berharap agar selain menjadi dinamisator program dan kegiatan, TP PKK Kecamatan juga dapat terus membina para Kader, Kelompok-kelompok PKK dan Dasa Wisma, serta masyarakat luas, agar terus bersemangat, berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.

“Kami juga berharap saudara dapat melanjutkan dan memberikan perhatian terhadap usaha-usaha yang telah dirintis Ketua Tim Penggerak PKK sebelumnya,” pintanya.

Baca Juga: Talksow IKA Smansa Bulukumba Pertemukan Akademisi dan Bupati Andi Utta

Usaha-usaha yang dia maksud itu antara lain peran serta tim penggerak PKK dalam meningkatkan jumlah akseptor KB, peningkatan fungsi PAUD di Posyandu, partisipasi dalam mengurangi angka buta aksara, dan program-program lainnya dalam rangka peningkatan kesetaraan gender.

“Dukungan dan pengabdian tim penggerak PKK masih sangat di perlukan,” ungkap Andi Herfida Muchtar usai lantik enam Ketua TP PKK Kecamatan.

Menurut Kadis Kebudayaan Kota Makassar ini, di wadah PKK inilah peran ibu ibu menjadi pekerja sosial. Ada beberapa kegiatan pemerintah yang saat ini masih terus-dikawal bersama PKK. Yaitu penanganan Stunting dan program ketahanan pangan dan pengendalian inflasi melalui penanaman tanaman jangka pendek. Seperti lombok dan sayuran di pekarangan rumah maupun lahan yang kosong.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Raih WTP Ke-11, Ketiga Kalinya Era Bupati Andi Utta dan Wabup Edy Manaf

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf yang hadir pada pelantikan ini meminta seluruh kader PKK di Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan. Untuk menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya mendorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan masing-masing.

“Ajak masyarakat untuk mengelola sampahnya, jangan di buang sampah sembarangan,” kata Andi Utta sapaan akrab bupati.

Selain itu Bupati Andi Utta juga berharap peran PKK dalam membantu meningkatkan layanan Posyandu, mengelola pekarangan rumah atau lahan kosong. Untuk lebih produktif dengan tanaman jangka pendek, serta membantu pemerintah dalam menangani Stunting, Anak Tidak Sekolah. Serta aktif membantu dan mengurus warga yang miskin di wilayahnya masing-masing. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button