NasionalNewsNusantaraSulsel

Bupati Gowa: Rakernas APKASI XVI Bangun Sinergi Antar Pemerintah untuk Maju 

GOWA, NEWSURBAN.ID – Bupati Gowa sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APKASI), Adnan Purichta Ichsan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI dan APKASI Otonomi Expo 2024 serta APKASI Procurement Network Tahun 2024.

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo yang ditandai dengan penabuhan gong.

Pada pembukaan yang berlangsung di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (10/7). Adnan hadir mendampingi Ketua APKASI yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Baca Juga: Miniatur Jembatan Kembar Hadir di APKASI Otonomi Expo 2024

Rakernas yang mengangkat tema “Sinergitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju” ini disambut baik oleh Sekretaris Jenderal APKASI ini.

“Dengan adanya sinergitas pembangunan keberlanjutan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dilakukan maka akan membawa daerah-daerah di Indonesia menjadi daerah yang lebih baik, lebih maju dan masyarakatnya makin sejahtera,” ungkap orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa tantangan ke depan akan semakin rumit dan kompleks. Oleh sebab itu, ia meminta daerah untuk adaptif dan berinovasi dalam mengembangkan potensi masing-masing.

Baca Juga: Libatkan UMKM Lokal, Beautiful Malino Usung Tema Harmony

“Persaingan antarnegara sekarang ini semakin ketat sehingga potensi-potensi yang ada di daerah harus dikembangkan, baik dari sisi finansial, pangan, energi, industri, teknologi, maupun pariwisata,” pesan Joko Widodo.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian juga memberikan sejumlah pesan penting yang perlu diperhatikan kepala daerah diantaranya untuk fokus pada kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan dan pegembangan sumber daya manusia (SDM).

“Para kepala daerah harus berperan aktif dalam menghidupkan sektor swasta untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) karena beberapa daerah di Indonesia memiliki potensi alam yang besar dan tak kalah dengan sejumlah tempat wisata populer di dunia, seperti Maldives. Potensi inilah yang perlu ditangkap kepala daerah agar dapat meningkatkan PAD-nya,” jelas Tito.

Baca Juga: Artis Ibu Kota dan Daerah Siap Tampil di Beutiful Malino 2024

Rakernas ini turut dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Ketua APKASI yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama jajaran pengurus APKASI, Walikota Solo sekaligus Wakil Presiden RI Terpilih Periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania bersama sejumlah pimpinan SKPD dan Sekretaris Desa Se-Kabupaten Gowa. (dw/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button