NewsSulteng

Gebyar Pasar Tani dan UMKM Pertanian Diharap Perkuat Ketahanan Pangan Kota Palu

#Dibuka Asisten 2 Husaema Mewakili Wali Kota Palu

PALU, NEWSURBAN.ID – Asisten 2 Setda Kota Palu Husaema mewakili wali kota menghadiri sekaligus membuka acara Gebyar Pasar Tani dan UMKM Pertanian, di halaman Kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palu, Kamis (5/9/2024).

Selain memamerkan produk UMKM, kegiatan inisiasi DPKP Kota Palu ini juga menghadirkan lomba masak serba ikan dari PKK kecamatan se Kota Palu.

Hadir mendampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu Asharini Mastura. Ada juga pejabat dari BI Perwakilan Sulteng, Dinas Pertanian Provinsi dan sejumlah pejabat dan stakeholder lainnya.

Baca Juga: Wawali Reny Buka Kegiatan High Level Meeting TPID Kota Palu, Ini Harapannya

Husaema dalam sambutannya menyampaikan bahwa di momen yang sangat istimewa bagi masyarakat dan pemerintah Kota Palu. Di mana, dapat merayakan keberhasilan dan potensi besar para petani, pelaku UMKM, serta seluruh masyarakat kota palu.

“Saya merasa sangat bangga melihat semangat dan antusiasme yang di tunjukkan oleh para peserta dalam kegiatan ini,” cetusnya.

Pasar Tani dan UMKM Pertanian kata dia, adalah tulang punggung ekonomi lokal Kota Palu. Karena itu, dia menilai kegiatan seperti ini, dapat memperkuat ketahanan pangan, mempromosikan produk lokal. Serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Kota Palu.

Gebyar Pasar Tani dan UMKM Pertanian ini, juga-dirangkaikan dengan lomba masak serba ikan tingkat Kota Palu. “Tentu saja, saja lomba ini, menjadi ajang untuk menampilkan kreativitas dan keahlian kuliner kita,” ujarnya.

Baca Juga: Jalan Tsunami Kota Palu Rusak Berat Akibat Tambang Galian C

Dia beraharap berharap kegiatan ini dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan. Sebab, mengonsumsi ikan, tidak hanya sehat dan bergizi. Tetapi juga merupakan potensi besar dari sumber daya alam di Kota Palu.

“Saya mengapresasi kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Saya yakin bahwa kegiatan ini akan membawa manfaat besar bagi kita semua,” kata Husaema.

Karena itu, ia mengajak seluruh elemen ikut bersama pemerintah membangun seluruh sumber aya di Kota Palu. “Mari kita bersama-sama membangun Kota Palu yang lebih kuat, sejahtera, dan berdaya saing. Tentu, dengan tetap menjaga kearifan lokal dan keberlanjutan lingkungan,” tuturnya.

Baca Juga: Wakili Wali Kota, Sekkot Irmayanti Buka Konferensi Kerja K-2 PGRI Kota Palu

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu Asharini Mastura menyebutkan, Gebyar Pasar Tani merupakan momentum yang sangat penting. Khususnya bagi para pelaku sektor pertanian, perikanan, dan UMKM Kota Palu.

“Melalui kegiatan ini, kita dapat mempromosikan hasil pertanian dan perikanan lokal yang berlimpah dan berkualitas. Serta mendorong masyarakat untuk lebih mengonsumsi produk pangan local,” ajak PKP Kota Palu.

Sedangkan lomba masak serba ikan kata dia, untuk meningkatkan Keterampilan peserta. “Lomba untuk memasak menu berbahan baku ikan memperkenalkan Inovasi, menu. Serta keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat,” tutur Kadis PKP Kota Palu Asharini Mastura.

Menurutnya, melalui momentum untuk menyebarluaskan informasi mendukung pemanfaatan sumberdaya ikan. Serta kita ketahui bersama bahwa Ikan merupakan sumber protem yeng sangat baik den memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Wali Kota Hadianto Respons Positif Presentasi City Branding Jflow Untuk HUT Kota Palu

Dengan mengonsumsi Ikan secara teratur, kita dapat meningkatkan imunitas tubuh, mencegah stunting, dan menjaga kesehatan jantung.

“Melalui acara ini, saya mengajak kita semua untuk lebih peduli terhadap pangan lokai. Dan mendukung para petani serta nelayan kita,” ajaknya.

“Saya berharap acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi, promosi produk local. Serta peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan,” harap Asharini Mastura.

“Mari kita bersama-sama menjadikan acara ini sebagai ajang untuk memperkuat sinergi, antara pemerintah, petani, nelayan, pelaku UMKM, dan masyarakat Kota Palu. Sehingga kita dapat mewujudkan Kota Palu yang mandiri dan berdaya saing bidang pertanian dan perikanan,” tuturnya.
(ysw/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button